Tahun Depan Jack Ma Tak Akan Pegang Alibaba Lagi, Siapa Penerusnya?

0
314

Berempat.com – Pendiri Alibaba Group Holding Ltd. sekaligus salah satu orang terkaya di dunia, Jack Ma tak akan lagi menjabat sebagai Dewan Direksi pada tahun depan. Tepatnya pada 10 September 2019. Mengutip dari Reuters, pengumuman tersebut resmi dibuat oleh perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok tersebut pada Senin (10/9).

Mundurnya Jack Ma dari posisi Dewan Direksi membuat posisi tersebut kosong. Alhasil, posisi tersebut pun akan diisi oleh Daniel Zhang yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Alibaba. Sementara itu, Jack Ma tak benar-benar akan pergi dari Alibaba. Orang dengan kekayaan sebesar US$ 36,6 miliar menurut Forbes itu akan menjabat sebagai Dewan Penasihat perusahaan.

“Saya akan bekerja sama dengan Daniel untuk memastikan transisi yang lancar dan sukses,” ucap pria berusia 54 tahun tersebut dalam keterangan resmi perusahaan.

Masa jabatan Jack Ma yang diembannya saat ini secara resmi akan selesai pada rapat umum tahunan perusahaan 2020 mendatang.

Sebagai informasi, Alibaba didirikan Jack Ma pada 1999 silam dan kini telah mempekerjakan 66.000 karyawan dengan nilai perusahaan yang mencapai US$ 420 miliar.

Sementara itu, sosok Zhang sendiri bukanlah baru di Alibaba. Zhang merupakan orang yang berada di balik event tahunan Alibaba setiap 11 November yang bertajuk “Single Day”. Zhang berhasil membuat event tersebut menjadi salah satu acara belanja daring terbesar di dunia.

Posisi Zhang pun lantas naik menjadi CEO Alibaba pada 2013 lalu. Lalu, pada 2015 atau saat usianya menginjak 46 tahun Zhang dipercaya untuk mengambil alih jabatan Jack Ma sebagai Direktur Utama Alibaba. Tahun depan, Zhang kembali dipercaya sebagai suksesor Jack Ma untuk berada di Dewan Direksi Alibaba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.