Dari Buah Manggis, Indonesia Berhasil Kantongi US$ 9,3 Juta

0
941
Buah manggis. (Dok Badan Karantina Pertanian)

Berempat.com – Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Tak heran bila hasil bumi yang tumbuh dari tanah Nusantara ini berhasil mendatangkan untung. Salah satunya dari buah manggis yang diekspor. Menurut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, selama Januari-Agustus 2018 Indonesia sudah mengekspor 33.000 ton manggis.

“Indonesia sampai saat ini (Agustus) setidaknya berhasil mendorong ekspor manggis 33.000 ton dengan nilai ekspor US$ 9,3 juta (setara Rp 138 miliar/kurs Rp 14.904). Jauh melampaui ekspor tahun-tahun sebelumnya,” papar Amran dalam keterangan resminya saat melepas ekspor 9.000 ton Manggis di Bali, Kamis (6/9).

Amran mengakui, besarnya ekspor manggis mulai dirasakan ketika keran ekspor ke Tiongkok dibuka kembali. Sejak Desember tahun lalu, Tiongkok memang dikenal sebagai pasar terbesar bagi ekspor buah manggis Indonesia. Pasalnya, pada Januari-Juni 2018 saja ekspor ke negeri Tirai Bambu tersebut sudah mencapai 17.000 ton dari total ekspor manggis Indonesia yang mencapai 29.000 ton.

Adapun manggis yang diekspor merupakan hasil kelompok tani di Desa Padangan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tambanan, Bali.

Selain Tiongkok, ekspor manggis juga dilakukan ke negara-negara di kawasan ASEAN, Timur Tengah, Asia Timur, Eropa hingga Amerika. Total ada 23 negara yang menjadi tujuan ekspor manggis Indonesia. Namun, pasar terbesar memang berada di Tiongkok.

“Manggis buah unggulan ekspor yang eksotis. Indonesia sudah mengekspor buah ini ke 23 negara. Kita fokus untuk budidayanya dan serta mendorong harmonisasi aturan SPS-nya (Sanitary and Phytosanitary) agar bisa diterima oleh tujuan ekspor lainnya untuk memperluas pasar,” terang Amran.

Sebagai informasi, keran ekspor manggis Indonesia pada Januari-Agustus 2018 ini menjadi yang tertinggi sejak 2015 lalu. Pada 2015 lalu, Indonesia berhasil mengekspor 23.000 ton dengan nilai ekspor US$ 6,5 juta. Namun, jumlah tersebut turun di tahun 2017 menjadi 11.000 ton.

Dan dengan capaian membanggakan sampai dengan Agustus 2018 ini, Kementerian Pertanian memprediksi total ekspor manggis akan mencapai 60.000 ton pada akhir tahun ini. Bila terealisasi, artinya ekspor manggis tahun ini mampu melonjak 600 persen dibanding tahun lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.