INSEAD Memasukkan Blockchain ke Dalam Pendidikan Bisnis, Apa Itu?

0
284

Berempat.com – Salah satu sekolah bisnis dunia, INSEAD telah menyetujui kerja sama dengan The Blockchain Research Institute (BRI) yang berdurasi dua tahun untuk masuk ke dalam pendidikan bisnis. BRI sendiri merupakan lembaga think-tank yang didirikan oleh Mr. Tapscott.

Selain itu, dengan kerja sama ini INSEAD juga mengangkat Don Tapscott sebagai Profesor Administrasi Teknologi dan Manajemen Operasi mulai 1 September 2018.

Dalam keterangan resmi yang diberikan pihak INSEAD pada Senin (27/8), Blockchain merupakan transformasi bisnis dengan implikasi yang luas untuk ekonomi dan masyarakat global. Secara luas, Blockchain dikenal sebagai teknologi yang mendukung Bitcoin maupun crypto currency lainnya dan dirujuk oleh Mr. Tapscott sebagai “Internet of value”.

INSEAD juga meyakini bahwa Blockchain memiliki potensi besar untuk membangun banyak aplikasi, seperti transaksi data yang aman dan tervalidasi. Aplikasi yang juga diyakini dapat memperkuat dan menstabilkan pasar dengan membuka peluang di seluruh dunia.

Untuk itu, INSEAD bermaksud mempersiapkan para pemimpin bisnis masa depan agar dapat memanfaatkan potensi teknologi terbaru yang menarik ini. Adapun kemitraan INSEAD dan BRI akan melangsungkan penelitian tentang teknologi blockchain yang terus berkembang dan untuk mengetahui besarnya dampak terhadap bisnis dan masyarakat.

Wakil Dekan di INSEAD dan Dean of Innovation Peter Zemsky menyatakan, teknologi Blockchain pada dasarnya akan menciptakan model bisnis baru dan mengubah sebagian besar industry. Karena itu, menurutnya, INSEAD harus berada di atas untuk mempersiapkan pemimpin masa depan dalam perubahan tersebut.

“Kami dengan hangat menyambut Don ke institusi dan berharap dapat bermitra dengan BRI untuk mengambil penelitian dan aplikasi bisnis teknologi blockchain ke tingkat yang baru,” ujarnya.

Don Tapscott sendiri mengungkapkan, teknologi blockchain mewakili tidak kurang dari era kedua internet. Karena itu, ia pun merasa perlu memastikan akan hadir para pemimpin bisnis terdidik agar dapat mengimplikasikan strategisnya.

“Itulah yang memotivasi kami untuk memulai BRI, dan itulah mengapa saya berharap dapat bekerja dengan INSEAD saat mereka mendidik para pemimpin bisnis global masa depan,” ungkap Don.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.