Konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Prambanan

(Dok: kementerian BUMN)

Yogyakarta – Dewa 19 didukung penuh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko menggelar Konser Perayaan 30 Tahun Dewa 19 Legends Never Die di Lapangan Brahmana, Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Sabtu (6/8).

Konser yang dihadiri oleh lima ribu penonton dari berbagai daerah di Indonesia ini sukses berjalan dan menambah daftar katalog konser musik termegah dan spektakuker yang diadakan di kawasan candi Hindu terbesar di Indonesia ini.

Acara ini terselenggara berkat kerja sama antara PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney deng Otello Asia sebagai promotor acara dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko sebagai pengelola kawasan wisata Candi Prambanan. Acara ini juga disponsori oleh BRI, Livin by Mandiri, BRI insurance dan FORTE.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengapresiasi penyelenggaraan Konser 30 Tahun Dewa 19 di Prambanan ini. Menurutnya, konser ini menjadi salah satu tonggak memorial yang akan dikenang oleh para penggemarnya, mengingat konser dengan formasi lengkap, dengan dua drummer dan empat vokalis, yang baru pertama kali dilakukan oleh Dewa 19.

“Sekali lagi, Prambanan menjadi tonggak sejarah bagi perjalanan band fenomenal Indonesia, di mana mereka tampil secara formasi lengkap yang dinantikan oleh penggemarnya. Ini merupakan salah satu pertunjukan musik yang nantinya dikenang oleh penggemarnya,” terangnya.

Konser 30 Tahun Dewa 19 ini juga dinilai sukses dalam mempercepat proses pemulihan perekonomian, terutama di sektor pariwisata di kawasan DI Yogyakarta maupun Jawa Tengah. Hal ini dibuktikan dengan adanya arus besar wisatawan yang masuk ke wilayah ini dan mengaktivasi industri pariwisata beserta pendukungnya.

“Kita lihat adanya pergerakan masif penonton yang berasal dari berbagai daerah ini. Hal ini tentunya turut mengaktivasi jasa dan layanan pendukung wisata di kawasan. Tentunya, ini menjadi pemacu bagi pelaku wisata agar kembali bangkit dengan visi-visi yang segar, menuju era pascapemulihan ini,” jelasnya.

Kawasan destinasi wisata Candi Prambanan sebagai objek wisata bercorak cagar budaya telah menjadi tuan rumah dari beberapa perhelatan konser musik bertaraf nasional maupun internasional. PT TWC berkomitmen menghadirkan event-event spesial yang turut mengakselerasi destinasi, baik dari angka kunjungan, potensi serta atensi menjadi satu pertunjukan yang berkelas nan monumental.

Dewa 19 yang hadir selama 3 jam penuh dan memboyong empat vokalis dan dua drummer ini menyuguhkan pertunjukan monumental nan tak terlupakan. Koor massal dengan diserta lampu flashlight ponsel dari para Baladewa dan Baladewi yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia ini menyertai 30 lagu yang dibawakan Dewa 19 pada konser ini.

“Melalui konser ini, kita optimis dunia pertunjukan serta pariwisata bisa kembali bangkit melalui dukungan serta kolaborasi berbagai pihak,” tutupnya.