Cukup Dengan Rp 1 Juta, Surat Utang Pemerintah Ini Sudah Bisa Dipesan Lho

0
329

Berempat.com – Pada hari ini, Senin (20/8) pemerintah membuka masa penawaran surat utang Savings Bond Retail seri SBR004. Penawaran ini akan dibuka sampai dengan 13 September 2018. Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko, Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, pemesanan seri retail sudah bisa dilakukan cukup dengan Rp 1 juta.

“Minimum pemesanan seri retail SBR004 ini berjumlah Rp 1 juta. Sedangkan maksimal pemesanan seri ini berjumlah Rp 3 miliar,” terang Luky kepada wartawan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (20/8).

Bila Anda termasuk investor yang berminat, Luky menuturkan bahwa seri ini dibuka secara daring melalui e-SBN dengan kupon 8,05% dan masa jatuh tempo pada 20 September 2020.

Sebagai langkah awal untuk memesan, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu atau  harus memiliki Single Investor Identification (SID). Registrasi bisa dilakukan melalui sistem e-SBN yang disediakan oleh mitra yang digandeng Kementerian.

Dalam hal ini, Luky memaparkan bahwa Kementerian sudah menyediakan banyak mitra sistem e-SBN, di antaranya adalah pihak Bank (Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BRI , Bank BNI, Bank Permata dan Bank BCA), perusahaan efek (Trimegah Sekuritas), teknologi finansial (Investree dan Modalku), maupun perusahaan efek khusus (Bareksa dan Tanamduit).

Luky melanjutkan, setelah melakukan registrasi Anda akan menerima pemberitahuan verifikasi pemesanan. Setelah pemesanan diverifikasi, Anda akan mendapat kode pembayaran. Kode tersebut digunakan saat Anda melakukan pembayaran baik melalui ATM, internet banking, maupun mobile banking. Tapi ingat, segeralah lakukan pembayaran saat sudah menerima kode karena diterapkan batas waktu pembayaran.

Bila Anda sudah melakukan transaksi dan dinyatakan berhasil, maka Anda akan mendapatkan nomor transaksi penerimaan negara. Jaga baik-baik nomor transaksi tersebut karena nomor transaksi tersebut juga berfungsi sebagai bukti konfirmasi kepemilikan surat utang.

Tertarik untuk memiliki surat utang pemerintah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.