Pertamina Luncurkan Program Inkubator Karir untuk Mahasiswa Riau

0
3

Pekanbaru – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meluncurkan Program bernama Inkubator Karir PHR. Program ini ditujukan untuk membantu mahasiswa Riau dalam menentukan pilihan karir yang tepat. Peserta dibekali beragam keterampilan dasar untuk mengenali minat dan potensi diri, meningkatkan soft skill, serta mengembangkan diri agar berdaya saing di dunia kerja maupun wirausaha.

“Program ini diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan kualitas SDM di Riau sehingga memiliki daya saing yang lebih tinggi,” kata Gubernur Riau dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Setda Provinsi Riau Syahrial Abdi dalam acara peluncuran Program Inkubator Karir di Pekanbaru, Riau, Selasa (9/11).

PHR menggandeng Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Riau (P2K2 Unri) sebagai mitra pelaksana program ini. Sebagai tahap awal, Program Inkubator Karir ini diikuti 20 mahasiswa terpilih dari masyarakat adat tempatan Sakai. Mereka merupakan penerima beasiswa dari PHR yang saat ini sedang kuliah di semester 1 hingga 10. Hasil evaluasi dari program tahap awal ini akan menjadi masukan berharga bagi kelanjutan program serupa di tahun-tahun berikutnya.

”Menghadapi era revolusi industri 4.0 dan juga bonus demografi di tahun 2030, upaya peningkatan kualitas SDM menjadi tuntutan perkembangan zaman. Program Inkubator Karir ini merupakan inovasi kami agar program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang dijalankan PHR memberikan manfaat yang berkelanjutan dan bernilai tambah bagi masyarakat,” tegas Dirut PHR Jaffee A. Suardin.

Program ini merupakan wujud komitmen Pertamina untuk berkolaborasi dan berkontribusi terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM setempat. “Bidang pendidikan merupakan salah satu tema utama dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR,” kata Jaffee.