Agoes Omar, Orang Indonesia Pertama Berlari 250 Km Taklukkan Gurun Sahara

0
11

Gurun Sahara – Dalam ajang Marathon des Sables 2021 prestasi membanggakan ditorehkan Agoes Omar, orang pertama Indonesia yang bisa menyelesaikan ultramarathon 250 km di Gurun Sahara, Maroko.

Omar yang tercatat sebagai diaspora Indonesia di Singapura ini, juga satu-satunya orang Indonesia yang mencapai garis finis ajang balap kaki terberat di bumi itu.

Dalam event ini, 50% peserta gagal mencapai garis finis, dan satu orang meninggal karena suhu panas ekstrem yang mencapai 52 derajat Celsius.

Omar berlari selama tujuh hari di Gurun Sahara, persisnya finis pada 11 Oktober 2021.

Perlombaan lari setiap tahun di Gurun Sahara Maroko selatan, ini telah dianggap sebagai lomba lari terberat di Bumi. Acara pertama Marathon dimulai pada tahun 1986.

Pelari berkelok-kelok menaiki punggung bukit yang besar, menempuhmedan berat berpasir panas, hingga harus berkemah di malam harinya, di tengah Gurun Sahara.

Omar mengaku, untuk mengikuti event ini, dia melakukan persiapan selama 6 tahun. Omar mendedikasikan larinya ini untuk pengasuhan berkualitas anak-anak terdampak Covid-19 dalam dampingan SOS Children’s Villages Indonesia.