Kontroversi Medina Zein, Mulai dari Jual Tas Branded KW hingga Persoalan Utang

0
8
(Dok: instagram.com/medinazein)

Nama Rachel Vennya dan Medina Zein mendadak menjadi perbincangan warganet lantaran satu komentar Rachel yang menarik perhatian di unggahan Medina. Dalam komentarnya, Rachel menagih utang Medina yang jumlahnya hingga ratusan juta rupiah, jumat(28/8)

Tak sekali ini saja Medina menarik perhatian publik karena kontroversinya. Sebenarnya siapa Medina Zein ini?

Nama Medina Zein pada awalnya dikenal sebagai salah satu hijabers terkenal di media sosial. Perempuan yang lahir pada 23 Mei 1992 semakin dikenal setelah resmi menikah dengan Lukman Azhari, adik dari artis Ayu Azhari pada tahun 2017.

Medina Zein sukses mendirikan sebuah klinik kecantikan kecil-kecilan pada 2012 lalu, yang saat ini bertransformasi dengan nama MD Clinic. Dia sekaligus merintis usaha membuat produk, yang kemudian berganti menjadi Lazeta. Lazeta merupakan salah satu produk kecantikan yang diperhitungkan di Bandung dan di kota-kota besar. Usahanya di bidang kecantikan ini terangkum dalam perusahaan yang bernama PT. Medina Global Care.

Pada 2014, perempuan 24 tahun ini mengembangkan usahanya di bidang fashion. Bisnis itu diberi nama Medinazein Boutique dan mengantarkannya menjadi salah satu hijaber yang menginspirasi di instagram dengan jumlah 287 ribu follower.

Tak ada habisnya Medina Zein bereksperiman soal usaha. Dia kembali mencoba peruntungan dengan mendirikan perusahan travel, yang diberi nama Medina Zein Tour & Travel, dengan nama perusahaan PT. Medina Global Travelindo dan memiliki kantor di Jalan Bengawan No. 62 Bandung, Jawa Barat. Beberapa artis seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pernah memakai jasa travel milik Medina Zein.

Media Zein juga di sebut-sebut sebagai salah satu orang di balik layar dari bisnis kue kekinian para artis. Misalkan saja kue Bandung Makuta milik Laudya Cynthia Bella, Surabaya Snow Cake milik Zaskia Sungkar, Medan Napoleon milik Irwansyah dan beberapa kue lainnya. Artis-artis itu kemudian mengaku berada di bawah satu manajemen usaha kuliner yang bernama Jannah Corporation.

Namun belakangan Medina Zein memiliki hubungan yang tidak baik dengan teman-temannya ini hingga saling gugat dan ramai di media sosial.

Berikut deretan kontroversi Medina Zein,

  1. Ditagih utang lewat Instagram oleh Rachel Vennya dan Citra Kirana

Masalah antara Rachel dan Medina bermula saat Rachel memberikan komentar di unggahan terbaru Medina di Instagram. Dalam komentarnya, Rachel mengingatkan kepada Medina untuk menyelesaikan utangnya hari itu juga.

Masih di hari yang sama, di sore harinya, Rachel memberikan klarifikasi sekaligus kronologi singkat bagaimana Medina bisa memiliki utang dengannya. Rachel menuliskan bahwa pada 23 Maret 2021, Medina membeli tas miliknya dengan harga Rp380 juta. Medina memberikan bukti transfer pada pertengahan April 2021 dan Rachel percaya bahwa Medina telah membayar tasnya tanpa mengecek mutasi rekeningnya terlebih dulu.

Baru pada Agustus 2021, Rachel menemukan bukti bahwa Medina belum pernah mentransfernya sama sekali. Ia pun menghubungi Medina dan langsung dibayar secara mencicil dua kali dengan jumlah Rp200 juta.

Setelah meninggalkan komentar di unggahan Medina pada 28 Agustus 2021, Medina pun melunasi sisa utangnya dan Rachel menganggap masalah mereka selesai.

Melalui Instastory-nya, Medina mengaku sempat skip pesan dari Rachel karena alasan ketiduran dan akhirnya sudah menyelesaikan utangnya. Ia berharap warganet tak lagi meributkan masalah ini.

Masalah Medina dengan Rachel selesai. Kini, giliran Citra Kirana yang menagih utang ke Medina melalui Instagram.

Dalam unggahannya, Citra mengatakan bahwa Medina juga pernah memberikannya bukti transfer. Namun, ia tidak menemukan uang masuk saat mengecek ulang mutasi rekeningnya.

  1. Tersandung kasus narkoba

Pada 28 Desember 2019, Medina sempat ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba. Penangkapan Medina merupakan pengembangan dari kasus serupa yang menjerat kakak iparnya, Ibra Azhari.

Dari hasil penyelidikan polisi, Medina terbukti positif mengonsumsi narkoba jenis amfetamin setelah menjalani tes urine. Awalnya, Medina menyebutkan bahwa obat tersebut merupakan obat penenang karena ia menderita bipolar yang diturunkan dari sang ibu.

Namun, dalam keterangan berbeda, ibu Medina, Tien Winarti mengatakan bahwa ia tidak mengidap bipolar seperti yang dikatakan Medina. Karena kasus ini, Medina ditetapkan sebagai tersangka dan harus menjalani rehabilitasi selama tiga bulan.

  1. Berseteru dengan Irwansyah

Medina juga pernah berseteru dengan Irwansyah terkait perusahaan yang mereka dirikan bersama, yakni PT Bandung Berkah Bersama di bulan oktober 2019. Dalam pengakuannya, Medina menyebutkan bahwa Irwansyah telah menggelapkan dana perusahaan hingga Rp2 miliar.

Keduanya pun sama-sama saling melaporkan hal ini ke pihak berwajib. Hingga saat ini, tidak diketahui bagaimana akhir penyelesaian masalah tersebut. Yang jelas, Irwansyah kini sudah hengkang dari perusahaan PT Bandung Berkah Bersama.

  1. Penipuan jual beli tas branded KW

Zaskia Sungkar pernah menggelar konferensi pers terkait kasusnya dengan Medina Zein. Saat itu, Zaskia mengaku pernah ditawari tas branded oleh Medina Zein.

Bukan hanya Zaskia yang ditawari, tetapi Laudya Cynthia Bella juga. Usut punya usut, ternyata tas itu merupakan tas KW.

Padahal, Medina Zein memang dikenal sebagai kolektor tas branded. Ia bahkan menjual sebagian tas branded miliknya untuk menutupi kerugian bisnis travelnya pada tahun 2018.