DPR Luncurkan Portal SDGs

0
14
(Dok: dpr.go.id)

Jakarta – DPR RI meluncurkan portal Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Peluncuran platform ini penting sebagai upaya parlemen memusatkan perhatian pembangunan pada masyarakat. Peran parlemen sangat krusial dalam mendorong pencapaian TPB (SDGs) ini.

DPR RI diharapkan mampu mendorong pembangunan yang berpusat pada masyarakat. Tidak hanya itu, DPR RI juga mampu responsif terhadap kebutuhan konstituennya. Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dalam siaran persnya, Kamis (19/8/2021) mengatakan, peluncuran ini ditunjukkan bagi lingkungan parlemen dan masyarakat luas.

“Diharapkan parlemen dan masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari informasi-informasi yang telah dikumpulkan dan disajikan untuk pelaksanaan SDGs ini, sehingga akan semakin memperkuat kesadaran dan pemahaman mengenai berbagai isu dan program pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” jelas Fadli.

Fadli menjelaskan, platform digital ini bisa menjadi salah satu alat berbagi pengetahuan dan sumber data dalam persiapan Indonesia menjadi tuan rumah The First Global Parliamentary Conference on Achieving The SDGs pada 28-30 September 2021 dan menuju Indonesia 2030.

Peran dan sinergi parlemen dengan program-program SDGs dinilai belum terlihat dalam lembaga DPR. Upaya parlemen masih minim dalam mendukung sosialisasi dan pengawasan pelaksanaan SDGs. Di sisi lain, DPR RI juga kurang dilibatkan dalam SDGs yang ditandai dengan tidak dilibatkannya DPR dalam kemitraan multi-pihak SDGs di Indonesia.

“Pemahaman mengenai pentingnya percepatan pencapaian TPB/SDGs, bahkan urgensi terkait agenda global ini masih tergolong lemah di DPR. Berbagai rekomendasi hasil sidang, bahkan target dan indikator TPB/SDGs belum banyak dipahami dan digunakan secara sinergis dalam pembahasan produk legislasi dan program terkait,” ungkap politisi Partai Gerindra itu.

Dalam konteks inilah, BKSAP DPR mendesain sistem informasi yang mengumpulkan berbagai data dan informasi parlemen terkait pelaksanaan dan pengawasan TPB/SDGs di Indonesia. Salah satu wujud sistem informasi ini adalah membentuk portal SDGs di parlemen yang terbuka, real time, dan informatif.  Portal digital ini bisa di akses di laman web sdgs.dpr.go.id yang menyajikan informasi dan data terkait fungsi-fungsi DPR RI dalam legislasi, penganggaran, dan pengawasan SDGs.

“Berbagai informasi terkait legislasi yang berlangsung terkait SDGs, kegiatan DPR RI baik internal maupun dengan konstituen di daerah pemilihan dan laporan-laporan DPR terkait SDGs akan dikemas dalam visualisasi yang menarik dan bisa diakses untuk semua.  Portal ini akan membuka akses bagi masyarakat untuk memastikan apakah implementasi SDGs sudah dilaksanakan berdasarkan pemantauan DPR RI,” jelas Fadli.