Oxigen For Indonesia Serahkan 1500 Unit Oksigen Konsentrator Kepada Pemerintah

0
14
(Dok: kemenkes.go.id)

Jakarta – Kolaborasi dari kelompok masyarakat yang tergabung dalam gerakan Oxygen For Indonesia menyerahkan bantuan kepada pemerintah Indonesia berupa 1500 unit oksigen konsentrator untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Bantuan diterima secara langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di gudang penyimpanan oksigen concentrator, Sunter, Jakarta Utara pada Minggu pagi (15/7).

”Saya mengucapkan terima kasih atas nama pribadi dan atas nama pemerintah Republik Indonesia. Ini adalah salah satu contoh gerakan yang diinisiasi oleh anak-anak muda Indonesia, saya terperanjat saya kagum melihat bahwa kekuatan sosial dari anak-anak Indonesia bisa mengumpulkan demikian banyak oksigen konsentrator yang sangat dibutuhkan oleh pasien COVID-19 baik di RS maupun di rumah dan kemudian di salurkan ke seluruh pelosok Indonesia,” kata Menkes.

Apresiasi yang sangat tinggi juga disampaikan Menkes kepada Gerakan Oxygen For Indonesia yang telah melakukan inisiatif yang luar biasa dalam mengumpulkan partisipasi dan donasi dari masyarakat luas dengan target angka hingga 10 Juta US Dollar.

Bantuan yang diserahkan hari ini merupakan batch pertama, dan secara bertahap gerakan Oxygen for Indonesia akan terus berupaya untuk mendatangkan serta mendistribusikan oksigen konsentrator ke daerah-daerah dengan tingkat penularan kasus dan angka kematiannya tinggi.

Rencananya bantuan ribuan oksigen konsentrator inu akan segera di salurkan supaya bisa cepat dimanfaatkan untuk menyelamatkan lebih banyak pasien COVID-19 baik yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah maupun di rumah sakit.

”Setiap unit oxygen concentrator sangat berarti untuk meringankan beban sistem kesehatan kita. Melalui Gerakan Oxygen For Indonesia ini memberi kesempatan pada pasien untuk memiliki pasokan oksigen tetap di rumah, dan juga membebaskan sebagian tempat di rumah sakit agar dapat digunakan oleh mereka yang lebih membutuhkan,” tuturnya.

Menkes ingin gerakan baik ini bisa terus dilanjutkan dan menjadi teladan bagi seluruh elemen bangsa untuk saling bekerjasama, berkolaborasi dan bergotong royong dalam mengatasi pandemi COVID-19.

”Saya berharap Gerakan Oxygen For Indonesia dapat menjadi sebuah gerakan moral yang kiranya dapat menginspirasi banyak pihak untuk terus ikut berperan aktif dalam berbagai bentuk kepedulian dan dukungan bagi masyarakat untuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19,” harap Menkes.