UNDIP Kerahkan Mahasiswa Bantu UMKM

0
26
(Dok: pri)

Jakarta – Universitas Diponegoro (Undip) kerahkan mahasiswa tingkat akhir membantu pelaku UMKM mengembangkan usaha di tengah pandemi.

Bantuan tersebut dilaksanakan dalam rangka mensinergikan kebutuhan masyarakat terdampak pandemi dengan tugas kuliah kerja nyata yang diwajibkan kepada mahasiswa tingkat akhir.

Program dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)” diselenggarakan mulai 5 Juli hingga 12 Agustus 2021.

Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat merasakan langsung problematika masyarakat dalam mengembangkan usaha di masa krisis seperti sekarang. Selanjutnya mahasiswa diminta membantu mencarikan solusi berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki.

Salah satu peserta KKN, Khairunnisa Nadhifah Syahfiraputri, mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat memberikan gambaran sebenarnya atas masalah-masalah yang dihadapi pelaku UMKM.

Berdasarkan pengalaman inilah Khairunnisa menjadi terpacu memikirkan cara mengatasi kendala tersebut.

Selama program KKN ini Khairunnisa memilih membantu klinik perawatan binatang peliharaan (pet shop) Fellish Pet Care dan klinik kesehatan dr. Yanuar Pribadi di Bekasi.

Di kedua tempat ini Khairunnisa membantu mengembangkan aplikasi layanan pelanggan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ini melihat UMKM perlu memiliki program layanan pelanggan digital terpadu. Sehingga setiap pelanggam dapat terlayani kapan saja.

“Saya pribadi sangat senang melaksanakan KKN ini. Dari sini saya dapat banyak belajar dan pengalaman tentang desain, birokrasi dan pengolahan data.

Selain itu saya senang karena ilmu yang saya dapat di kampus bisa digunakan dan membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Khairunnisa.