Bekraf Kembali Ajak Pebisnis Kreatif Indonesia Ikuti SXSW 2019

0
380

Berempat.com – Setelah tahun ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengajak perusahaan rintisan (startup) lokal untuk mengikuti ajang South by Southwest (SXSW) 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat, Bekraf kembali akan menghadirkan Pavilion Archipelageek untuk SXSW 2019.

Beberapa perusahaan yang sudah dibawa Bekraf tahun ini ke ajang tersebut yaitu Kata.ai, Mycotech, Saft7robotics, Seruniaudio, Squline, Digital Happiness, Minikino, dan Vestifarm. Namun, untuk tahun depan Bekraf berharap dapat mengajak lebih banyak lagi perusahaan rintisan asal Indonesia dengan variasi produk yang lebih banyak dan lebih luas.

Pasalnya, untuk tahun depan Bekraf sudah membuat sesuatu yang lebih menarik, yaitu mengenalkan lagu dangdut kepada dunia. “Tahun 2019 akan ada Hello Dangdut, yaitu program pemasaran lagu dangdut agar mendunia, yang sudah dipikirkan dengan matang oleh Bekraf dan kurator serta seniman di musik dangdut,” ungkap Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik.

Hal senada juga disampaikan oleh Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Pudji Mulia Simanjuntak. Ia berharap tahun depan dapat membawa lebih banyak pebisnis kreatif untuk ikut SXSW 2019. Pasalnya, ia melihat kehadiran wakil Indonesia di SXSW 2018 dapat menarik minat pengunjung yang berasal dari seluruh penjuru dunia.

“Seluruh kreativitas, inovasi, dan karya yang tepat sasaran mendatangkan banyak pujian dan apresiasi hingga akhirnya membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak,” jelasnya.

Arekha Bentangan, perwakilan Mycotech sudi berbagi pengalamannya mengikuti SXSW 2018. Menurutnya, SXSW 2018 telah memberikan banyak pengalaman yang berharga dan informasi penting berkaitan dengan kebutuhan pasar Amerika Utara yang berbeda dengan pasar Asia dan Eropa. Hal itu pun menjadikan Mycotech lebih siap untuk melebarkan sayap ke pasar Amerika.

“Selain itu, kami juga lebih percaya diri dengan umpan balik yang kami dapat saat selama acara berlangung. Sehingga Mycotech semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas produk, dibuktikan dengan makin berdatangannya banyak project baru baik di Asia maupun Eropa pada tahun 2018 ini,” ulas Arekha.

Hal senada juga disampaikan Reynir Fauzan perwakilan dari Kata.ai. Dengan banyaknya perusahaan rintisan yang berpartisipasi, Ryen merasa bisa mendapatkan kesempatan untuk saling mengenal produk satu lain.

“Salah satunya produk serupa dengan kami yang berasal dari Brazil. Dalam momen tersebut, kami saling mempelajari cara kerja masing-masing, sehingga kami sama-sama tau mengenai bagian yang dapat kami tingkatkan,” jelas pria yang akrab disapa Rey ini.

Untuk tahun depan, Indonesia akan tetap mengusung tema yang sama, “Archipelageek” dari Indonesia ke Austin SXSW 2019 yang terinspirasi dari filosofi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

“Kami berharap dukungan besar dari masyarakat Indonesia, serta upaya melahirkan talenta-talenta terbaik  untuk unjuk gigi dalam gelaran akbar internasional ini. Selain itu, kami berharap semoga kesempatan ini memberikan peluang bagi perkembangan dan kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia,” tutur Ricky.

Bagi Anda yang berminat untuk ikut, Bekraf akan mulai membuka pendaftaran pada 30 Juli 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.