Pelaku Pariwisata Diharapkan Segera Bersiap Jelang Pembukaan Wisata Bali Untuk Wisman

0
252
(Dok: dpr.go.id)
Pojok Bisnis

Jakarta – Pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara (wisman) rencananya akan dibuka pada Juli mendatang. Mengingat, masyarakat Bali sangat bergantung dari sektor pariwisata mengalami pukulan berat selama pandemi. Tercatat, pada triwulan II tahun 2020 perekonomian Bali menurun hingga minus 10,98 persen.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih mengungkapkan semakin cepat semakin baik untuk diwujudkan pembukaan wisatawan mancanegara Bali pada bulan Juli tersebut. Bali telah mengalami kerugian sekitar Rp9,7 triliun setiap bulan dari sektor pariwisata.

“Semakin cepat, semakin baik untuk diimplementasikan pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara pada bulan Juli.  Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, per 25 Mei 2020, sebanyak 71.313 tenaga kerja sektor formal di-PHK dan 2.570 orang kehilangan pekerjaan,” ujar politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Anggota DPR RI yang biasa dipanggil Demer mengimbau seluruh komponen pariwisata Bali harus tetap beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Jangan sampai, euforia pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara membuat terlena. Sehingga, seluruh pihak harus terus menyadari keadaan saat ini masih di bawah bayang-bayang Covid-19 yang berbeda dengan kondisi normal.

Top Mortar gak takut hujan reels

“Untuk itu, saya meminta kepada Pemerintah Daerah Bali agar membuat semacam petunjuk pelaksanaan atau pedoman yang baku bagi industri pariwisata tentang protokol kesehatan Covid-19 semacam SOP (Standar Operasional Prosedur) bagi pelaku pariwisata yang lebih detail. Wisatawan pun  akan merasa aman dan nyaman tanpa khawatir terpapar Covid-19,” pungkas legislator dapil Bali itu.

Sebelumnya, kabar baik bagi pelaku pariwisata di Bali datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster di rumah jabatan Gubernur, Denpasar, baru-baru ini.

Sebagaimana yang dijadwalkan Presiden Joko Widodo, target pembukaan pariwisata Bali untuk wisman akan dilakukan pada bulan Juli 2021. Target ini beralasan, sebab tidak hanya kasus Covid-19 yang stabil terjaga namun vaksin terhadap pelaku pariwisata serta masyarakat Bali sudah terdistribusi dengan baik.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan