Legislator Desak PT Freeport Indonesia Bangun Smelter di Papua

0
9
Anggota Komisi VII DPR RI Ina Elizabeth Kobak. (Dok: DPR.go.id)

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI, Ina Elizabeth Kobak, minta Pemerintah mendorong PT Freeport Indonesia membangun smelter di Papua.

Menurut Ina, di Papua tersedia lahan yang luas serta sumber daya manusia yang memadai untuk pembangunan smelter.

“Mengenai pembangunan smelter PT Freeport Indonesia sampai saat ini sudah sejauh mana, saya ingin tahu perkembangannya. Karena dari rapat-rapat, baik dengan Menteri maupun dengan Dirjen, kami anggota DPR perwakilan dari Papua, kami selalu berbicara.

Kami ingin smelter bisa dibangun di Papua. Kami punya tanah yang luas dan ketika smelter ini akan dibangun di Papua, itu akan memberdayakan masyarakat Papua,” ujar Ina Elizabeth Kobak saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan Dirjen Minerba, Dirut Mind Id dan Pemprov Papua di Jakarta, Rabu, (31/3/2021).

Hal senada juga diungkapkan oleh anggota Komisi VII DPR RI lainnya, Marthen Douw misalnya. Politisi dari fraksi PKB ini menegaskan bahwa pembangunan smelter pertama PT Freeport harus di Papua. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Papua. Serta juga untuk meningkatkan PAD alias Pendapatan Asli Daerah Papua.

Tidak hanya itu, keduanya mempertanyakan prosentase yang menjadi bagian dari hak ulayat masyarakat adat Papua. Termasuk kebijakan yang diambil bagi kesejahteraan masyarakat Papua.

Sebelumnya Pemerintah mengakusisi saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen, yang notabene menjadi pemegang saham mayoritas PTFI.