Tingkatkan Daya Saing Santri, Pesantren Akan Dilengkapi BLK

0
589
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan pada Munas ke-6 Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (20/7).
Pojok Bisnis

Berempat.com – Dalam upaya menjadikan seluruh sumber daya manusia (SDM) Indonesia mampu menghadapi persaingan global, tahun depan pemerintah Indonesia membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di banyak pondok pesantren. Pasalnya, kualitas SDM merupakan investasi besar dan menjadi kunci bagi sebuah negara agar bisa bersaing secara global.

“Tahun depan, pemerintah akan membangun minimal seribu BLK di pesantren, lengkap dengan gedung dan peralatannya,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan pada Munas ke-6 Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (20/7).

Membangun BLK di pondok pesantren sebetulnya bukan hal yang baru saja digagas oleh pemerintah. Sebelumnya, di tahun 2016 melalui Kementerian Ketenagakerjaan, pemerintah sudah membangun BLK di 50 pondok pesantren. Sementara di tahun 2018 bertambah menjadi 75 pesantren. Seluruhnya merupakan proyek percontohan yang nantinya akan diterapkan ke hampir seluruh pesantren di Indonesia.

Selain sebagai bagian pembangunan SDM, pendirian BLK di pondok pesantren juga bagian dari wujud kepedulian pemerintah terhadap keberadaan pondok pesantren di Indonesia yang jumlahnya mencapai 29 ribu lebih.

Top Mortar gak takut hujan reels

Selain pendirian BLK, sambung Jokowi,  pemerintah juga telah membangun 40 bank mikro di pondok  pesantren. Jika evaluasinya menunjukkan hal positif, maka tahun depan jumlah tersebut akan dibangun lebih banyak lagi.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.