Golkar Bayangi PDIP di Pemilu 2024

0
74

Pilpres memang masih jauh, namun dengan perolehan suara pilkada serentak Desember lalu Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survey perolehan suara partai jika Pemilu digelar saat ini. Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyono menyampaikan PDI Perjuangan meraih suara (17,8 persen), Golkar (15,2 persen), Partai Demokrat (10,8 persen), PKB (8,8 persen), Nasdem (8,1 persen), PKS (6,9 persen), Gerindra (6,6 persen), PSI (4,2 persen), PAN (3,1 persen), PPP (2,9 persen), Hanura (1,6 persen), dan lainnya dibawah 0,5 persen.

Survei dilakukan pada 20-27 Desember 2020, dengan jumlah responden 1.225 orang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Penentuan sampel menggunakan metoda mix-mode karena riset ini dilakukan saat pandemi Covid-19 yang membatasi wawancara tatap muka.

Oleh karena itu, survei jajak pendapat ini dilakukan melalui sambungan telepon terhadap responden yang dipilih secara acak. Survei melalui telepon ini melibatkan petugas wawancara yang telah dilatih untuk mengajukan pertanyaan dan mencatat jawaban yang diberikan responden pada komputer. “Diketahui, margin of error survei sebesar kurang lebih 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen,” katanya.

Selain itu, ucap Arifin, LKPI juga menanyakan pada 1.225 responden perihal kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Hasilnya sebanyak 76,6 persen merasa puas dan yakin dengan usaha pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah yang sangat membantu pada ekonomi rumah tangga, keluarga masyarakat Indonesia akibat dampak Covid-19. “Dan sebanyak 18,7 persen menyatakan tidak puas usaha pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah karena tidak ada dampak positive terhadap keadaan ekonomi rumah tangga masyarakat sedangkan 4,7 persen tidak menyatakan apapun,” tuturnya.