Prabowo-Sandi Gabung Pemerintahan Jokowi, Gerindra Dipastikan Tetap Kritis

0
37

Pasca menolak beberapa kali ditawari posisi menteri dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, akhirnya Sandiaga Salahuddin Uno menerima pinangan menjadi Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif. Sontak bergabungnya Sandi dalam Kabinet Indonesia Maju Jilid II ini kian memantapkan Gerinda mendukung pemerintahan Jokowi setelah Ketum Gerindra Prabowo Subianto lebih dulu bergabung sebagai Menteri Pertahanan.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Kawendra Lukistian mengatakan, meskipun mantan calon presiden dan wapres 2019 dari Partai Gerindra ini menjabat sebagai menteri, bukan berarti Partai Gerindra tidak akan mengawasi pemerimtah. “Artinya di Gerindra sangat dimungkinkan sekali untuk memberikan masukan-masukan konstruktif terhadap pemerintah sekalipun kami bagian dari pemerintah,” jelas Kawendra pada wartawan, Sabtu (26/12).

Kawendra menambahkan, di parlemen, Partai Gerindra juga akan terus mengawasi jalannya pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin. Sebagaimana partai-partai koalisi lain, mereka masih bisa melemparkan kritik terhadap pemerintah. “Jadi, seharusnya partai apapun, sekalipun dia bagian dari pemerintah saat di parlemen tetap bisa kritis dan memberikan kritik yang konstruktif,” ujarnya.

Menurut Kawendra, kritik yang disampaikan ke pemerintah ditujukan untuk perbaikan kedepan. Gerindra yang sebelumnya oposisi juga bergabung ke koalisi pemerintahan bersama dengan sembilan partai lainnya.