45 Tahun 3M Berinovasi Tingkatkan Kualitas Kehidupan Indonesia

0
11

Kisah sukses 3M dimulai sejak lebih dari satu abad yang lalu di Minnesota Utara, Amerika Serikat, bernama Minnesota, Mining, and Manufacturing Company (3M). Pada tahun 1902, lima pendiri 3M hanya memiliki tujuan sederhana: menambang untuk menemukan bahan untuk pembuatan amplas dan roda gerinda. Namun, ternyata hasil yang ditemukan yakni mineral berkualitas rendah. Di titik inilah, lahir semangat inovasi dan kolaborasi yang menjadi fondasi 3M saat ini, dengan terus bertekad kuat 3M berinovasi untuk menghasilkan kesuksesan selama bertahun-tahun, yang pada akhirnya menjadikan 3M sebagai perusahaan global yang konstan berada dalam daftar Fortune 500. 3M terus memberikan produk dengan teknologi dan inovasi terbaik, serta menjawab kebutuhan di seluruh dunia.

Pada tahun 1975, 3M mulai beroperasi di Indonesia, dengan hanya memiliki tiga orang karyawan. 3M terus membidik pasar tertentu dengan memperkuat portofolio, kemampuan penelitian dan pengembangan (R&D), dan proses bisnis. Hingga saat ini, 3M senantiasa menyediakan produk untuk berbagai segmen seperti segmen keselamatan dan manufaktur, keamanan transportasi, kaca film, rumah sakit, perawatan mulut, perawatan rumah tangga dan kesehatan konsumen, dan masih banyak lainnya.

Sashidharan Sridharan, Presiden Direktur 3M Indonesia menyampaikan, “Tahun 2020 ini, genap 45 tahun 3M menjawab tantangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia melalui produk berkualitas dengan basis sains dan inovasi. Langkah kami tak lepas dari kerjasama antara mitra bisnis dan seluruh karyawan kami yang telah bekerja dengan sangat baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah mempercayakan produk kami untuk mempermudah kebutuhan Anda. Umpan balik dari Anda merupakan semangat kami untuk terus berinovasi, dan kami akan terus berupaya untuk meningkatkan sumber daya sains Indonesia menuju global.”

Science, Innovation, dan Culture

Sebagai bagian dari strategi inovasi holistik perusahaan, 3M fokus pada pengembangan inovasi berbeda di luar portofolio yang ada saat ini dengan menggunakan sains untuk mengatasi tantangan global, meningkatkan kualitas kehidupan, dan membantu menciptakan dunia yang lebih baik. 3M menerapkan science untuk membuat dampak nyata dengan memicu kemajuan dan inovasi yang menginspirasi dalam kehidupan dan komunitas di seluruh dunia. Di Indonesia, 3M memberikan dukungan yang berkelanjutan pada pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Salah satunya dengan menyelenggarakan 3M Science Games, sebuah kompetisi sains yang interaktif untuk memperluas pengetahuan siswa sekolah dasar, mengembangkan bakat, kreativitas dan minat pada sains, serta untuk membangun kreativitas dan keingintahuan siswa di Indonesia.

Innovation adalah cara 3M bekerja dan mengembangkan ide. Setiap hari, 3M bekerja untuk memecahkan masalah dengan menerapkan kreativitas dan pengetahuan untuk membuat hidup lebih mudah. Peneliti dan ilmuwan 3M memiliki kesempatan untuk memanfaatkan 15% waktu mereka untuk proyek mereka sendiri. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas bekerja dan mempertahankan antusiasme untuk menemukan solusi baru atas tantangan yang dihadapi pelanggan. Pada tahun 2011, 3M membangun Customer Innovation Center (CIC) dimana teknologi dan inovasi yang sudah dihasilkan oleh 3M selama ini bisa ditunjukkan secara komprehensif.

People & Culture menjadi prioritas dasar yang lain dari 3M, dimana perusahaan terus mengambil tindakan untuk mengembangkan karyawan dan memperkuat budaya kami. 3M mendukung lingkungan inklusif agar karyawan merasa aman, terlibat, dan bebas untuk berkreasi dan berinovasi.

Selain itu, 3M Indonesia juga melakukan program keberlanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti program bantuan pangan, saluran air bersih, dan terlibat dalam perbaikan akuakultur dan ekosistem bakau. “3M terus membantu membangun komunitas yang berkelanjutan melalui investasi strategis dan keterlibatan bisnis serta para karyawan 3M secara global dengan tujuan untuk membuat perbedaan di dunia. Saat ini, 3M Indonesia telah bekerjasama dengan berbagai mitra terpercaya dalam mendukung program inisiatif lingkungan yang memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat,” tutup Sashidharan.