Menjalani Hobi Dari Rumah, Cara Terbaik Lalui Pandemi Dengan Kegiatan Positif

0
371
Pojok Bisnis

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh belahan dunia dalam delapan bulan terakhir, memberikan dampak yang begitu terasa bagi semua lini kehidupan manusia.

Setidaknya sejak awal April 2020, hampir seluruh aktifitas setiap orang terpaksa dilakukan dari dalam rumah untuk mencegah penularan virus berbahaya tersebut. Tak terkecuali dengan kegiatan hobi yang umumnya lebih banyak dilakukan di luar ruang, kini mau tak mau harus dilakukan dari dalam rumah.

Namun kondisi tersebut ternyata tak menghentikan langkah sebagian orang untuk tetap menekuni kegiatan hobi meski berada di dalam rumah. Ternyata kegiatan hobi menjadi aktifitas alternatif pilihan masyarakat di tengah diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dari dalam rumah, masyarakat mampu melalui masa pandemi dengan kegiatan yang bernada positif.

Hasilnya selama pandemi Covid-19, muncul banyak tren hobi baru yang digandrungi oleh masyarakat luas. Diantaranya yang saat ini menjadi viral adalah tren hobi berkebun, koleksi tanaman hias, dan budidaya ikan cupang yang sama-sama bisa dilakukan dari dalam rumah.

Top Mortar gak takut hujan reels

Seperti yang diutarakan oleh Andy Hariyanto, selaku Founder & CEO Startup IndoHobi.id, jika setiap manusia secara naluri pasti memiliki lebih dari satu hobi yang digemari sepanjang hidupnya. Maka tak heran jika hobi tanaman hias dan ikan cupang masuk ke dalam siklus tren hobi yang digemari masyarakat Indonesia.

“Sebelumnya kita sudah pernah menemui musim hobi tanaman anthurium, lalu berganti masuk ke musim batu cincin, lalu berubah lagi ke musim hobi sepeda, kemudian kembali lagi ke musim tanaman hias, ikan cupang, dan akan terus bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman. Maka saya pikir prospek dunia hobi di Indonesia begitu cerah,” ujar Andy Hariyanto, dalam agenda launching platform IndoHobi.id, di Taman Wisata Situ Gintung, Ciputat, Tangsel, Sabtu (3/10).

Senada dengan hal tersebut, Ready Febrian, owner dari Galeri Tanam Teduh menuturkan jika hobi tanaman hias kembali digandrungi oleh masyarakat, salah satunya berimplikasi dari efek psikologis masyarakat yang ingin tetap sehat dengan aktifitas positif di tengah ketidakpastian wabah pandemi Covid-19.

“Karena berkebun dan menanam tanaman itu kan pasti membutuhkan aktifitas fisik. Kemudian saat tanamannya mulai tumbuh subur, juga ada efek visual yang secara tidak sadar membawa seseorang untuk tetap rileks, pikiran tenang, dan sebagainya. Sehingga secara tidak langsung kegiatan ini bisa berpengaruh positif terhadap kesehatan mental seseorang,” ujar pria yang membuka galeri tanaman di Taman Anggrek Indonesia Permai tersebut.

Setali tiga uang, Agung Priyono, owner dari King Betta Fish 21 juga menjelaskan, hobi koleksi dan budidaya ikan cupang juga kembali naik pamor karena sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19. Menurutnya fasilitas hiburan dan arena rekreasi yang belum dibuka selama kebijakan PSBB, membuat orang-orang memutar otak untuk menciptakan sarana rekreasi alternatif yang ada di dalam rumah.

“Salah satunya ya dengan mengoleksi ikan hias seperti ikan Cupang. Pasalnya bila dahulu hobi ikan cupang lebih dikenal untuk diadu saling bertarung, sekarang ikan cupang lebih banyak dikenal untuk dikoleksi sebagai ikan hias karena kecantikan corak warnanya. Seketika memelihara ikan Cupang seperti memiliki atraksi hiburan murah yang bisa dinikmati dari dalam rumah,” terang pehobi yang juga membudidayakan (breeding) ikan cupang tersebut.

Menyatukan Dunia Hobi Indonesia

Namun melihat dunia hobi Indonesia yang tidak memiliki wadah khusus yang bisa dijangkau secara mudah oleh masyarakat luas, membuat Andy Hariyanto tergerak untuk menciptakan platform khusus hobi yang bisa diakses secara daring. Melalui platform IndoHobi.id, masyarakat pecinta hobi bisa bertemu langsung dengan sesama pegiat hobi yang digemarinya lewat aplikasi smartphone maupun website.

Tidak hanya itu, IndoHobi.id juga menawarkan beragam fitur yang dibutuhkan oleh para pehobi mulai dari; fitur marketplace yang bisa menjadi sarana jual/beli perlengkapan hobi, fitur club hobi sebagai sarana untuk berdiskusi dan ajang kopdar online, lelang hobi untuk melelang barang-barang hobi tertentu yang memiliki nilai tinggi dan jumlah terbatas, iklan hobi, sentra hobi, hingga fitur IndoHobi Escrow Service sebagai layanan pembayaran terpecaya seperti fitur rekening bersama (rekber).

“Kami melihat industri atau bisnis yang berhubungan dengan hobi ini masih sangat potensial di Indonesia. Bahkan beberapa produk barang hobi asal Indonesia bisa sangat bersaing dengan produk dari luar negeri. Untuk itu kami berharap, para pehobi di Indonesia bisa bersatu dalam membangun dunia hobi Indonesia yang juga akan memberikan dampak positif terhadap berkembangnya industri UMKM tanah air,” pungkas CEO IndoHobi.id tersebut.

Seperti diketahui, platform IndoHobi.id resmi dirilis ke publik pada Sabtu, 3 Oktober 2020, di Taman Wisata Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan. Dalam agenda launching komunitas dan marketplace online khusus dunia hobi tersebut, juga turut digelar acara ngobrol-ngobrol bersama pegiat hobi dari tanaman hias dan budidaya ikan cupang.

Kedua pehobi yang diwakili oleh Ready Febrian dari galeri Tanam Teduh, dan Agung Priyono selaku pembudidaya dari King Betta Fish 72, menjelaskan bagaimana seluk beluk menggeluti hobi hingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan