Sebanyak 1.682 Pemudik Gratis Kemenhub Berangkat dari Tanjung Priok Hari Ini

0
223

Berempat.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan ribuan peserta mudik yang mengikuti program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut Kementerian Perhubungan RI tahun 2018. Dalam program tersebut telah terdaftar sebanyak 1.682 peserta dari 2.200 kuota yang disediakan. Para pemudik gratis tersebut akan berangkat hari ini, Minggu (10/6) melalui pelabuhan Tanjung Priok.

Panitia Registrasi Mudik Gratis Kemenhub Alvano Ekandanoe mengatakan bahwa ini adalah hari kedua Kemenhub memberangkatkan para peserta mudik gratis. Pemudik mulai diberangkatkan pada pukul 09.30 WIB.

“Di posko ini para pemudik dengan motor melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum nantinya diberangkatkan pada pukul 09.30 WIB,” ujar Alvano di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Alvano pun mengungkapkan, pemberangkatan pemudik gratis ini akan dilakukan sebanyak lima tahap oleh Kemenhub. Yakni tahap pertama sudah silakukan pada Sabtu kemarin, kemudian hari ini, dan tiga hari ke depan.

Untuk hari ini, sambung Alvano, ada 6 kapal yang digunakan untuk mengantarkan pemudik ke Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah. “Dua kapal akan digunakan untuk mengangkut sepeda motor dan empat kapal untuk mengangkut penumpang,” paparnya.

Adapun, program ini merupakan upaya Kemenhub guna menekan angka kecelakaan lalu lintas pada musim Lebaran 2018.  Selain melalui kapal laut, program mudik gratis ini juga akan dilakukan lewat moda transportasi darat seperti bus dan kereta api.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.