Budi Karya: Kesiapan Mudik Sudah 90%

0
545
Pojok Bisnis

Berempat.com – Persiapan mudik terus dikebut oleh pemerintah seiring semakin dekatnya momen mudik Lebaran 2018 demi memastikan kenyamanan pemudik. Dan menurut klaim dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat ini persiapan yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mencapai 90%.

Menurut Budi, pencapaian kesiapan Kemenhub saat ini tak terlepas dari persiapan yang sudah dilakukan sejak awal tahun ini. Bahkan Budi mengklaim pihaknya telah melakukan penelitian mengenai masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik tahun ini.

“Untuk kesiapan mudik, kita sudah mencapai 90% karena kita sudah mulai sejak bulan Januari. Kita juga sudah membuat penelitian mengenai preferensi masyarakat yang akan mudik,” terang Budi dalam keterangan rilisnya, Sabtu (26/5).

Budi pun mengimbau kepada masyarakat agar lebih memilih moda transportasi yang aman ketika melakukan perjalanan ke kampung halamannya. Seperti apabila ingin menggunakan bus, masyarakat diimbau untuk melihat adanya stiker penanda lolos uji kelayakan dari Kemenhub pada bus yang akan ditumpangi.

Top Mortar gak takut hujan reels

“Kalau nanti ingin mudik menggunakan bus, calon penumpang dapat memastikan terdapat stiker yang menandakan bahwa bus tersebut telah lulus pemeriksaan teknis dan dinyatakan laik jalan,” tambahnya.

Selain itu, Budi pun menganjurkan masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik karena kendaraan roda dua tersebut paling rentan mengalami kecelakaan.

“Mari kita bersama memberi informasi kepada masyarakat. Inilah peran media sangat penting sekali, seperti menginformasikan kepada masyarakat untuk mudik tidak menggunakan sepeda motor. Itu adalah suatu anjuran agar tidak terjadi kecelakaan yang masif,” imbau Budi.

Selain itu, ia juga mendorong masyarakat yang mudik menggunakan mobil pribadi agar tidak hanya memilih jalan tol sebagai jalur mudik. Tetapi masyarakat juga bisa memanfaatkan jalan nasional.

“Dan bagi para pemudik yang akan lewati jalur darat, mari kita juga gunakan jalan nasional non-tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol,” paparnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.