Sistem Data Pengemudi Berbasis Android Bakal Dikembangkan Kemenhub

0
311
Ilustrasi pengemudi bus. (Tempo/Naufal Shafly)

Berempat.com – Mengikuti perkembangan zaman, di era yang serba terkoneksi saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rupanya berencana mengembangkan sebuah sistem berbasis Android, yaitu sistem data pengemudi angkutan umum.

Direktur Pembinaan Keselamatan Kemenhub Ahmad Yani menerangkan, sistem tersebut nantinya akan mendata semua pengemudi selama melakukan perjalanan. Salah satu data yang diambil ialah waktu kerja pengemudi.

“Dengan adanya aplikasi tersebut, setiap pengemudi punya identitas selama perjalanan,” ungkap Yani di Terminal Pulogebang, Jakarta, Selasa (22/5).

Selain waktu kerja, data yang akan dipantau dari pengemudi meliputi identitas hingga rekam jejak kesehatannya.

“Supaya bisa tahu karena kelelahan ini sangat berbahaya, enggak ada toleransi kelelahan, mau tidak mau,” ujarnya.

Sementara itu, Yani menerangkan bahwa yang bertugas untuk melakukan pemantauan ialah Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub. Selain itu, perusahaan otobus (PO) juga dapat memantau kinerja pengemudinya melalui sistem tersebut.

“Pemantauan oleh para perusahaan yang bersangkutan di dalam, kita juga menyimpan data ada dashboard-nya,” ungkap Yani.

Dia menambahkan, nama aplikasi itu adalah E-Logbook dan bisa diunduh di Playstore Android. “Sekarang sudah ada sembilan PO yang bergabung dalam sistem ini, tahap awal untuk bus AKAP (antarkota antarprovinsi) dulu, nanti untuk semua kita terapkan,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.