BJB Prioritaskan Layanan dengan Human to Human

0
90
Pelayanan BJB (dok bukanlambeturah.wordpress.com)

Bank Jawa Barat (BJB) mengenalkan pelayanan baru dengan Konsep human to human. Layanan ini tidak hanya diterapkan dalam hubungan komunikasi, tapi juga direalisasikan dalam bentuk program serta layanan produk.

Program rutin tahunan bertajuk ‘Perjalanan Religi’ yang memberangkatkan umrah ratusan debitur setia Bank BJB ke tanah suci Mekah, dapat dijadikan contoh. Program tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan loyalitas nasabah dan telah dilakukan rutin sejak 2015.

Pada 2018, Bank BJB berkesempatan memberangkatkan 175 nasabah Muslim. Sementara untuk pemenang undian debitur nonmuslim, Bank BJB menyediakan perjalanan ke hollyland. Beberapa tujuan di antaranya perjalanan menuju Betlehem bagi pemeluk Nasrani, Sungai Gangga di India untuk Hindu dan Nepal bagi penganut Budha.

“Program ini merupakan bentuk apresiasi Bank BJB kepada nasabah kredit konsumer. Diharapkan dapat meningkatkan engagement antara Bank BJB dengan nasabah. Membuktikan bahwa kami menyentuh nasabah dengan konsep human to human,” ujar Direktur Operasional Bank BJB, Fermiyanti.

Sementara dari sisi produk, Bank BJB menawarkan beberapa produk unggulan yang hadir berkat adanya kebutuhan dari masyarakat, seperti BJB Tabungan Samsat, atau T-Samsat.

Dalam realisasinya T-Samsat mempermudah nasabah dalam membayar pajak kendaraan bermotor dan merupakan implementasi dari konsep human to human.  Dengan BJB T-Samsat, nasabah tidak perlu lagi membuang waktu mengantre di kantor Samsat untuk membayar pajak.

“Inovasi Bank BJB ini tidak hanya soal keuangan perbankan tapi juga terkait kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Bahkan, terobosan tersebut cukup berhasil menjadi program percontohan bagi layanan perbankan lainnya,” ujar Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB, Hakim Putratama.

Konsep human to human juga melekat erat pada sistem layanan berbasis online yakni BJB Digi. BJB Digi merupakan bentuk adaptasi Bank BJB terhadap perkembangan zaman dan sebagai jawaban menanggapi perbedaan karakter generasi milenial yang kini tengah mendominasi populasi penduduk di Indonesia, bahkan dunia.  Sehingga, generasi milenial yang dekat dengan teknologi hadir sebagai potensi pasar terbesar bagi perjalanan bisnis perusahaan perbankan.

Menyadari hal tersebut, Bank BJB berusaha menyentuh generasi milenial melalui kemudahan layanan.  Langkah strategis dilakukan dengan pendekatan produk dan jasa yang sesuai budaya generasi milenial, yakni berbasis teknologi. Tentu dengan aksesibilitas yang praktis dan prosedur serba cepat dikedepankan agar dapat mengakomodir kebutuhan pasar. Ditunjang dengan keamanan transaksi yang paripurna dan layanan selama 24 jam.

BJB Digi memberikan beragam layanan seperti kemudahan transaksi keuangan, pembelian pulsa, pembayaran pajak, televisi berlangganan, telepon, kartu kredit, cek saldo hingga mutasi rekening.  Selain itu, BJB Digi juga memberikan kemudahan terkait pembayaran biaya pendidikan di beberapa perguruan tinggi yang telah menjalin kerja sama, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran hingga Universitas Sriwijaya di Palembang.

“Mayoritas perguruan tinggi di Jawa Barat telah menjalin kerja sama dengan Bank BJB terkait kemudahan pembayaran biaya pendidikan. Tidak hanya di Jawa Barat tapi juga di seluruh provinsi di Indonesia yang terdapat kantor Bank BJB,” ujar Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB, Agus Gunawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.