Target Pemerintah 2019: Ekonomi Tumbuh 5,8% dan Kemiskinan Dipatok 9,5%

0
310

Berempat.com – Pemerintah diketahui sudah menyusun dan menentukan asumsi makro untuk tahun 2019. Hal tersebut diungkap oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PNN)/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro di sela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2018 di Jakarta, Senin (30/4).

“Asumsi makro nanti akan disampaikan dalam pembicaraan pendahuluan dengan DPR,” ujar Bambang.

Namun, Bambang mengungkapkan beberapa hal yang sudah diasumsikan oleh pemerintah di antaranya pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan tumbuh antara 5,4-5,8% pada 2019 mendatang. Kemudian angka kemiskinan yang dipatok pada kisaran 8,5-9,5%. Lalu, untuk tingkat pengangguran ditargetkan pada kisaran 4,8-5,2%.

Bambang pun menuturkan, nuansa pemerataan harus benar-benar terlihat di seluruh program dan kegiatan pemerintah tahun depan. Dengan begitu pertumbuhan tidak hanya dilihat dari satu dimensi, tetapi sudah terlihat pemerataannya sejak awal.

Terkait asumsi inflasi dan nilai tukar rupiah untuk tahun 2019, Bambang mengaku pihaknya belum melakukan pembahasan. Sebab, kedua aspek tersebut akan dibahas bersama Kementerian Keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.