Presiden RI Sebut Investasi Asing Boleh Tanpa Izin

0
188

Prsiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan banyak investor yang sudah datang dan berniat menanamkan investasi ke Indonesia. Namun, perizinan masih bertele-tele, baik di pusat maupun daerah, sehingga membuat para investor balik badan.

“Jengkel saya tidak bisa menyelesaikan yang sudah kelihatan,” katana di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (09/05/2019)

Jokowi juga meminta para menteri dan kepala daerah menutup mata apabila ada pengusaha yang hendak menanamkan investasinya. Apalagi jika investasi itu berorientasi pada ekspor dan substitusi barang-barang impor.

“Kalau itu yang datang investornya, sudah saudara-saudara sekalian tutup mata. Sudah, besok bangun, izin berikan, besok suruh bangun. Gitu lho, itu baru bisa menyelesaikan,” imbuhnya.

Ia mencontohkan, lima tahun lalu, ada 259 izin yang harus dikantongi apabila investor ingin membangun pembangkit listrik. Kini Jokowi sudah memangkasnya menjadi hanya 58 izin. Namun, ia belum puas dengan angka itu.

“Kalau investasi kaya itu, orientasi ekspor, subtitusi batang impor, kalau perlu, enggak pakai izin. Izinnya diberikan kemudian,” tambahnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here