BI Terbitkan Laporan Perekonomian Indonesia 2023: Sinergi Menuju Kebangkitan Ekonomi Nasional

0
291
Laporan Perekonomian Indonesia
BI Terbitkan Laporan Perekonomian Indonesia 2023: Sinergi Menuju Kebangkitan Ekonomi Nasional (Dok Foto: Bank Indonesia)
Pojok Bisnis

Bank Indonesia (BI) memperlihatkan komitmennya terhadap transparansi dan pertanggungjawaban dengan merilis Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2023 pada hari Rabu (31/1).

Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas kepada publik mengenai pelaksanaan kebijakan dan strategi yang diambil oleh bank sentral.

Laporan tersebut merujuk pada amanat pasal 58 ayat (7) UU No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, yang telah mengalami perubahan signifikan, termasuk perubahan terakhir melalui UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Tema: “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional”

Dalam Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2023, BI menonjolkan tema “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional.”

PT Mitra Mortar indonesia

Hal ini mencerminkan upaya untuk menghadapi tantangan global dengan membangun kerjasama yang erat antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyampaikan tiga pesan penting yang mencerminkan arah dan semangat BI dalam menghadapi dinamika perekonomian global. Pertama, Warjiyo mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi ekonomi Indonesia pada 2023, yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia dengan stabilitas yang terjaga.

Kedua, ia menekankan bahwa BI terus memperkuat bauran kebijakan, dengan fokus pada stabilitas moneter. Keempat kebijakan lainnya, seperti kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, dan inklusi ekonomi hijau, dirancang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Sinergi untuk Kebangkitan Ekonomi Nasional

Pesan dari Gubernur Warjiyo sejalan dengan isi LPI 2023, menyoroti pentingnya sinergi kebijakan untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.

BI yakin bahwa kerjasama antara kebijakan ekonomi jangka pendek dan transformasi sektor riil akan memperkuat kebangkitan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju.

Transformasi sektor riil diarahkan untuk meningkatkan kapasitas output potensial dalam jangka menengah, membuka peluang pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dengan tetap menjaga stabilitas.

Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih rinci mengenai pelaksanaan tugas BI di tahun 2023 dan arah kebijakan untuk tahun 2024, LPI 2023 dapat diunduh secara digital melalui QR code atau melalui website resmi Bank Indonesia.

Langkah ini sejalan dengan komitmen BI untuk memberikan akses yang mudah dan transparan kepada masyarakat terkait proses kebijakan ekonomi.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan