Digitalisasi UMKM Dapat Dukungan Kominfo, Nilai Ekonomi Digital Indonesia Diproyeksi Capai Rp5.537 Triliun

0
216
Digitalisasi UMKM
Digitalisasi UMKM Dapat Dukungan Kominfo, Nilai Ekonomi Digital Indonesia Diproyeksi Capai Rp5.537 Triliun (Dok Foto: Humas Kominfo)
Pojok Bisnis

Pengembangan potensi UMKM terus menerima dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui langkah-langkah digitalisasi. Langkah ini bertujuan agar UMKM dapat menjadi bagian integral dari ekonomi digital, yang nilai proyeksinya mencapai Rp5.537 triliun pada tahun 2030.

Menurut Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, UMKM bukan hanya slogan, tetapi harus dimanfaatkan sepenuhnya. Ia menyatakan, “Saya menyambut baik UMKM itu walaupun UMKM kalau mau jadi pahlawan harus jadi konglomerat,” saat memberikan keterangan pada Awarding Night Pahlawan Digital Tahun 2023 di Jakarta pada Jumat (22/12/2023).

Potensi Ekonomi Digital

Budi Arie menyebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Karena itu, Kominfo menyelenggarakan pelatihan pendampingan bagi pelaku UMKM agar mereka dapat memanfaatkan digitalisasi. Program-program seperti Literasi Digital, Digital Talent Scholarship (DTS), dan Program 1000 Start-Up Digital menjadi bagian dari upaya ini.

“(Semua) Untuk mendukung (digital) talent Indonesia terutama anak muda untuk bisa berpartisipasi dalam transformasi digital Indonesia,” ujar Budi Arie.

Top Mortar Semen Instan

Menurut Menteri Kominfo, percepatan transformasi digital nasional dilakukan melalui pembangunan infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital. Hal ini dilakukan agar semuanya dapat berjalan secara sinergis, mendukung perkembangan ekonomi digital nasional.

Pengunaan Teknologi Digital di Berbagai Sektor

Selain itu, Kementerian Kominfo juga mendorong penggunaan teknologi digital di sektor pertanian, kelautan, dan pariwisata.

Budi Arie mengungkapkan rencana Kementerian Kominfo untuk merilis kajian potensi digitalisasi pertanian dengan kerjasama bersama konsultan ternama dunia. Dia menjelaskan, “Sebentar lagi tahun depan saya akan rilis kajian kita dengan konsultan ternama di dunia. Kita diskusi pertanian dengan menggunakan teknologi digital. Di Amerika dan Belanda, penggunaan teknologi digital mampu meningkatkan produktivitas 30 persen produk pertanian dari segi jumlah hasil.”

Acara Awarding Night Pahlawan Digital Tahun 2023 dihadiri oleh 10 finalis inovator Startup Indonesia yang lolos seleksi, seperti BroilerX, Elevarm, Jala, Chickin, Henbuk, Silang.id, Antrique, DynamicBuzz, Arconesia, dan Moleps.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, serta Staf Khusus Presiden sekaligus Inisiator Program Pahlawan Digital UMKM, Putri Tanjung.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan