Bluebird Group Investasi Rp250 Miliar untuk Transportasi Listrik di Tahap 3 IKN

0
195
Bluebird
Bluebird Group Investasi Rp250 Miliar untuk Transportasi Listrik di Tahap 3 IKN
Pojok Bisnis

Bersama-sama dengan Presiden RI Joko Widodo, Bluebird Group secara resmi meluncurkan sistem transportasi publik berkelanjutan berbasis listrik melalui investasi sebesar Rp250 miliar pada Groundbreaking Tahap 3 Ibu Kota Nusantara (IKN).

Investasi tersebut mencakup pengadaan armada bus perkotaan listrik, taksi listrik, kendaraan rental listrik, serta titik pengisian daya dan depo yang sepenuhnya terintegrasi dengan teknologi cerdas IKN.

Dalam rilis pers dari otoritas IKN yang diterima pada Jumat (22/12/2023), Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, menyampaikan bahwa visi pemerintah Indonesia dalam mengelola Nusantara sebagai smart sustainable forest city, yang menekankan keberlanjutan dan keberlanjutan lingkungan, sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh Bluebird Group.

“Bluebird memiliki konsep Keberlanjutan 50:30, yaitu usaha untuk mengurangi 50 persen emisi karbon hingga tahun 2030,” jelas Adrianto.

Top Mortar Semen Instan

Sesuai dengan Key Performance Indicator Transportasi IKN

Sementara itu, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menyatakan bahwa kontribusi Bluebird Group ini sejalan dengan Key Performance Indicator (KPI) transportasi IKN di mana 80 persen dari moda pergerakan berbasis transportasi publik yang ramah lingkungan dan hijau, yaitu kendaraan listrik.

Selain itu, Kepala Otorita IKN juga menyebutkan bahwa pengadaan bus rapid transit (BRT) listrik ini akan diterapkan untuk mendukung aksesibilitas Balikpapan menuju IKN dan di perkotaan, khususnya di Kawasan Industri Pulau Pinang (KIPP), akan memberikan layanan awal kepada Nusantara menuju masa depan mobilitas yang berkelanjutan dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih, ramah lingkungan, dan terhubung.

Presiden Joko Widodo menyambut gembira peluncuran sistem transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan oleh Bluebird Group di IKN.

“Konsepnya sejak awal IKN adalah kawasan, lingkungan, gedung, transportasi, dan energi yang serba hijau. Saya sangat mengapresiasi dan menghargai komitmen Bluebird Group untuk mendukung inisiatif kota hijau di IKN dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” tegasnya.

Untuk mendukung kesuksesan pemerintah, Bluebird Group turut berkontribusi melengkapi dan mengembangkan layanan bus perkotaan listrik, halte, titik transfer, dan area parkir dan naik, yang disesuaikan dengan pembangunan IKN.

Sebagai perusahaan penyedia mobilitas darat terkemuka di Indonesia, Bluebird Group berkomitmen menciptakan masa depan layanan mobilitas yang berkelanjutan di IKN.

“Kami ingin Bluebird berkontribusi secara signifikan terhadap langkah-langkah pencapaian target yang ditetapkan pemerintah di IKN,” harap Adrianto.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan