Top Mortar Semen Instan
Home Bisnis Stabilitas Ekonomi Indonesia: Sri Mulyani Ungkap Fondasi Kuat Indonesia

Stabilitas Ekonomi Indonesia: Sri Mulyani Ungkap Fondasi Kuat Indonesia

0
Stabilitas Ekonomi Indonesia: Sri Mulyani Ungkap Fondasi Kuat Indonesia (Dok Foto: Kemenkeu)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dengan tegas menyatakan bahwa meskipun dunia menghadapi berbagai ketidakpastian ekonomi, Indonesia tetap mampu menjaga stabilitasnya. Pernyataan ini disampaikan dalam acara The 12th Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) pada Rabu (6/12). Menurut Menteri Sri Mulyani, keberhasilan ini tak hanya berkat prinsip politik internasional Indonesia yang bebas aktif, tetapi juga berkat peran penting sumber daya alam dalam membentuk tren geopolitik dan geostrategis. Pentingnya kebijakan fiskal dalam menjaga stabilitas ekonomi Indonesia menjadi sorotan utama. Dalam delapan kuartal terakhir, pertumbuhan ekonomi tetap stabil sekitar 5%, menunjukkan ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan global. Sri Mulyani menegaskan bahwa kebijakan fiskal bukan hanya berperan sebagai peredam guncangan, tetapi juga sebagai pilar utama dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang solid.

Komitmen Pemerintah untuk Meningkatkan Daya Saing Global

Tak hanya terpaku pada stabilitas, pemerintah Indonesia juga menunjukkan komitmennya untuk melaksanakan reformasi struktural guna meningkatkan daya saing di tingkat global. Ini diwujudkan melalui upaya pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan penguatan institusi ekonomi.

Indonesia bukan hanya menjaga stabilitas ekonomi di tingkat domestik, tetapi juga aktif berkontribusi dalam forum kerja sama ekonomi internasional. Pada Presidensi G20 tahun lalu dan ASEAN Chairmanship tahun ini, Indonesia memainkan peran kunci dalam mencapai 12 dari 14 hasil utama, termasuk pembentukan Dana Pandemi dan Mekanisme Transisi Energi.

Perjalanan Panjang Menuju Negara Berpenghasilan Tinggi

Dalam arah pandang ke depan, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan tekad Indonesia untuk terus melanjutkan perjalanannya menuju negara berpenghasilan tinggi. Meskipun diakui sebagai perjalanan yang tidak mudah, Sri Mulyani meyakinkan bahwa dengan dukungan terus menerus melalui kebijakan dan institusi yang baik, Indonesia akan semakin cepat mencapai tujuan ambisius tersebut.

Dengan kondisi ekonomi yang stabil, komitmen terhadap reformasi, kontribusi aktif dalam forum internasional, dan tekad untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi, Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam menghadapi tantangan global dan kesiapannya untuk terus berkembang. Semua ini menjadi landasan kuat bagi Indonesia untuk memainkan peran signifikan dalam peta ekonomi dunia.

Exit mobile version