Menginspirasi Industri Kreatif: Peran YouTube dalam Perekonomian Indonesia

0
370
Youtube Perekonomian Indonesia
Menginspirasi Industri Kreatif: Peran YouTube dalam Perekonomian Indonesia (Foto: Kemenkeu)
Pojok Bisnis

YouTube baru-baru ini merilis sebuah laporan yang disusun bersama firma konsultan independen, Oxford Economics. Laporan ini mengungkapkan dampak positif ekosistem kreator dan mitra YouTube terhadap perekonomian Indonesia. Kabar gembira ini diumumkan dalam acara ‘Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow’ yang berlangsung pada Kamis, 26 Februari 2023, di Royal Glasshouse Park Hyatt.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa YouTube bukan sekadar platform biasa, melainkan ekosistem multiformat yang memberikan manfaat finansial, baik secara langsung maupun tidak langsung, kepada para kreator. Selain itu, YouTube juga membantu mereka mencapai audiens global dan menggali berbagai sumber pendapatan melalui kemitraan dengan merek, pertunjukan live, dan berbagai peluang lainnya.

Youtube Telah Menciptakan Lapangan Kerja di Indonesia

Saat ini, lebih dari 400 ribu kreator dan mitra di Indonesia telah menciptakan lapangan kerja dengan mengelola saluran YouTube mereka sendiri. YouTube juga menyoroti dampak pertumbuhan basis kreator di Indonesia terhadap lima sektor ekonomi kreatif, yaitu Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Pendidikan, Kreatif, Musik, dan Media.

Selama 11 tahun terakhir, YouTube telah memberikan dukungan kepada para wirausahawan kreatif untuk mencapai tujuan profesional mereka, serta memfasilitasi mereka dalam berbagi minat dan ide dengan publik luas, sekaligus menghasilkan penghasilan dari aktivitas tersebut.

Top Mortar gak takut hujan reels

Ekonomi kreator di Indonesia berpotensi menjadi salah satu aspek penting yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan bahkan budaya. Para kreator Indonesia kini memiliki lebih dari satu cara untuk menghasilkan uang melalui YouTube, yang sebelumnya hanya melalui Program Partner YouTube (YPP).

Kontribusi Terhadap Ekonomi Kreatif di Indonesia

Gautam Anand, Vice President & Managing Director, YouTube Asia Pacific, sangat antusias melihat kontribusi perekonomian kreatif YouTube yang nyata di Indonesia. Dia menyatakan, “Semakin banyak kreator Indonesia yang menemukan peluang dan audiens di YouTube. Lebih dari 600.000 kreator di Indonesia telah menerima pendapatan dari kehadiran mereka di YouTube, dan lebih dari 6.000 saluran di Indonesia telah menghasilkan uang melalui monetisasi alternatif pada bulan Desember 2022 saja, naik 170 persen dibandingkan tahun sebelumnya.”

Anand juga menekankan komitmen YouTube dalam terus mengembangkan ekosistem kreatif ini dan membantu para kreator mencapai kesuksesan melalui berbagai program mitra, inisiatif peningkatan kemampuan, dan opsi monetisasi lainnya.

Keberhasilan para ribuan kreator ini juga didukung oleh keragaman format konten yang tersedia dalam satu platform. YouTube menjadi lebih dari sekadar tempat untuk mengunggah video; sekarang, itu adalah platform untuk menjangkau audiens, terhubung dengan mereka, dan meraih kesuksesan dalam bisnis kreatif.”

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan