Dampak Peningkatan Ekonomi Signifikan: Pertamina Kembali dukung MotoGP 2023 indonesia

0
1386
Pertamina MotoGP
Dampak Peningkatan Ekonomi Signifikan: Pertamina Kembali dukung MotoGP 2023 indonesia
Pojok Bisnis

Gelaran MotoGP tahun lalu telah sukses menghidupkan perekonomian daerah. Keberhasilan gelaran tahun 2022 mendorong Pertamina untuk kembali mendukung ajang MotoGP internasional tahun 2023 di Sirkuit Mandalika.

Pertamina memberikan dukungan penuh terhadap event balap internasional di Mandalika karena ajang ini menjadi alat untuk menarik wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Hal ini diungkapkan oleh Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero).

“Event MotoGP di berbagai negara memberikan dampak ekonomi dan efek berganda, termasuk di Indonesia. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina mendukung ajang internasional ini untuk memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM),” kata Fadjar.

Fadjar juga menambahkan bahwa gelaran MotoGP tahun 2022 memberikan dampak ekonomi hingga mencapai Rp5 triliun, termasuk bagi pelaku UMKM, serta menciptakan sekitar 4600 lapangan kerja.

Top Mortar Semen Instan

“Gelaran MotoGP 2023 di Mandalika merupakan momen yang tepat untuk memulihkan ekonomi pasca pandemi. Sementara itu, event ini akan membantu memperkuat citra global Pertamina,” tambah Fadjar.

Dampak Ekonomi Signifikan di Gelaran MotoGP Mandalika

Balapan MotoGP 2023 akan memberikan kontribusi penting bagi Indonesia, yakni meningkatkan pariwisata, memperkuat citra negara, dan memastikan efek berganda serta efek ekonomi.

Gelaran MotoGP 2023 dijadwalkan berlangsung pada 13 – 15 Oktober 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Seri MotoGP di Mandalika diantisipasi menjadi sangat menarik karena persaingan yang ketat antara para pembalap. Ini merupakan seri ke-15 dari musim MotoGP 2023.

Hingga seri ke-14, peringkat tertinggi dalam klasemen MotoGP ditempati oleh pembalap Italia Francesco Bagnaia, yang dikenal dengan sebutan Pecco Bagnaia dari tim Ducati, dengan total 319 poin, diikuti oleh pembalap Spanyol Jorge Martin dengan selisih hanya 3 poin.

Juara MotoGP Indonesia Tahun Lalu

Miguel Oliveira, kembali ke Mandalika dengan semangat tinggi. Pebalap dari tim RNF itu mengingat kemenangan indahnya pada MotoGP Indonesia tahun sebelumnya.

Nama Miguel Oliveira dikenal sebagai pemenang balapan perdana MotoGP Mandalika. Tahun lalu, bersama tim KTM, pembalap asal Portugal ini berhasil mengatasi cuaca hujan di Mandalika dan finis pertama. Kini, Oliveira kembali ke Mandalika dengan motivasi yang lebih kuat.

“GP Indonesia membawa banyak kenangan indah bagi saya,” kata Oliveira.

Musim ini, pencapaian terbaik Miguel Oliveira bersama tim RNF adalah finis keempat pada MotoGP Inggris. Namun, dalam empat seri sebelum Mandalika, performa Oliveira di atas motor Aprilia RS-GP mengalami penurunan. Pada seri terakhir, Oliveira hanya mampu finis ke-18 pada MotoGP Jepang dua pekan lalu.

Jadwal Resmi MotoGP Indonesia 2023

Rangkaian jadwal MotoGP Mandalika 2023 akan dimulai dengan sesi latihan bebas pertama (FP1) dan sesi latihan pada Jumat (13/10/2023) di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, pada Sabtu (14/10/2023), para pembalap MotoGP akan menjalani sesi latihan bebas kedua, kualifikasi, dan balapan sprint.

Selanjutnya, balapan utama atau balapan utama MotoGP Mandalika 2023 akan berlangsung pada Minggu (15/10/2023) siang waktu Indonesia Barat. Ini adalah kesempatan besar untuk menikmati ajang MotoGP internasional di Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan