Bali Keluarkan Aturan Larangan Terbangkan Drone Saat Konferensi KTT AIS Forum

0
282
KTT AIS Forum
Bali Keluarkan Aturan Larangan Terbangkan Drone Saat Konferensi KTT AIS Forum (Dok Foto: Menparekraf)
Pojok Bisnis

Pemprov Bali mengeluarkan imbauan kepada masyarakatnya agar tidak menggunakan pesawat nirawak atau drone selama persiapan dan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 10-11 Oktober 2023 di Bali.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra, menjelaskan pentingnya imbauan ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan acara internasional ini.

Dewa Made Indra menyatakan bahwa Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) telah meluncurkan Operasi Tribrata Agung 2023 sebagai bagian dari persiapan keamanan KTT AIS Forum 2023. Imbauan untuk melarang penggunaan drone sudah termasuk dalam operasi tersebut.

Operasi yang dilakukan oleh Polri ini memiliki tujuan untuk mengantisipasi dan mengurangi potensi gangguan seperti konflik sosial, terorisme, dan kejahatan yang melibatkan senjata api, bahan peledak, bom, dan drone yang tidak terdaftar dalam forum antidrone yang telah disepakati.

PT Mitra Mortar indonesia

Larangan penggunaan drone ini juga berlaku untuk layang-layang, yang merupakan aktivitas umum di Bali. Larangan ini dinyatakan dalam surat edaran bernomor B.23.338/14322/V/DISNAKER ESDM yang berlaku mulai tanggal 4 Oktober hingga 18 Oktober 2023 di Provinsi Bali.

Dewa Made Indra menambahkan, sejalan dengan Operasi Polri, masyarakat juga diimbau untuk tidak menggunakan drone atau pesawat nirawak di sekitar area venue Nusa Dua selama KTT AIS Forum berlangsung.

KTT AIS Forum memiliki tema “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama” dan akan membahas isu-isu global terkait kelautan. Indonesia akan memfokuskan peranannya dalam KTT Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan ini dengan pembangunan ekonomi biru, perubahan iklim, dan penguatan solidaritas antara negara-negara pulau dan kepulauan.

Kolaborasi dalam AIS Forum diyakini akan memberikan manfaat bagi semua negara peserta, termasuk Indonesia, dengan meningkatkan komunikasi, berbagi pengalaman, dan mempercepat penyelesaian masalah-masalah pembangunan yang berkaitan dengan kelautan.

Dengan imbauan ini, Pemerintah Provinsi Bali menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kelancaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum 2023. Larangan penggunaan drone dan layang-layang menjadi langkah penting untuk memastikan suksesnya acara internasional ini sambil mempromosikan kolaborasi dan isu-isu kelautan yang vital bagi negara-negara pulau dan kepulauan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan