Ekonomi Indonesia Makin Kuat: Catat Pertumbuhan di Luar Perkiraan

0
370
Ekonomi Indonesia
Catat Pertumbuhan di Luar Perkiraan: Ekonomi Indonesia Makin Kuat
Pojok Bisnis

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia berhasil mencatat pertumbuhan di luar perkiraan, baik dari para analis maupun lembaga ekonomi.

Pernyataan ini disampaikan oleh Menko Perekonomian dalam acara pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show ke-30 di Tangerang, Banten, pada hari Kamis (10/8/2023).

Menko Airlangga mengungkapkan, “Kita memiliki kemampuan ketahanan yang kuat.” Ia juga menambahkan bahwa Gross National Income (GNI) per kapita Indonesia saat ini mencapai USD $4.580, dan diharapkan akan mencapai USD $5.500 pada akhir tahun 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Airlangga juga berbicara tentang upaya Indonesia untuk bergabung dengan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Ia mengatakan bahwa minat Indonesia untuk menjadi anggota OECD mendapat tanggapan positif, dan Indonesia telah menyatakan niatnya untuk menjadi anggota organisasi tersebut.

PT Mitra Mortar indonesia

Pertumbuhan ekonomi yang positif pada kuartal kedua tahun 2023 didorong oleh sektor industri pengolahan yang tumbuh sebesar 4,88 persen (year on year/yoy), dengan kontribusi sebesar 18,25 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Industri Alat Angkutan, khususnya industri otomotif, juga mencatatkan pertumbuhan positif selama sembilan kuartal berturut-turut, dengan pertumbuhan sebesar 9,66% pada kuartal kedua tahun 2023.

Menko Airlangga juga menyebutkan bahwa hasil dari Undang-Undang Cipta Kerja dan reformasi dalam sektor ketenagakerjaan telah memberikan dampak positif terhadap daya saing Indonesia.

Menurut laporan terbaru dari Institute for Management Development (IMD), daya saing Indonesia naik 10 peringkat dari peringkat 44 menjadi 34, dengan kinerja ekonomi sebagai faktor utama.

Mengakhiri pidatonya, Menko Airlangga menekankan bahwa Pemerintah terus mendorong pertumbuhan ekspor dan mengurangi emisi karbon di Indonesia melalui penggunaan kendaraan listrik.

Ia juga memberikan penjelasan terkait kendaraan listrik yang mendominasi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini. Menko Airlangga berharap bahwa hasil dari pameran tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Selama acara, Menko Airlangga mengunjungi seluruh booth yang berpartisipasi dalam pameran. Secara simbolis, ia juga memberikan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada salah satu produk asli Indonesia yang dipamerkan dalam acara tersebut.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan