Ekonomi China Lesu: Kebijakan Mendesak untuk Menghidupkan Kembali Daya Beli Masyarakat

0
302
Ekonomi China
Ekonomi China Lesu: Kebijakan Mendesak untuk Menghidupkan Kembali Daya Beli Masyarakat
Pojok Bisnis

Daya beli yang rendah di antara masyarakat China telah membuat ekonomi negara tersebut belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang jelas. Rumah tangga di China mulai menunjukkan gejala resesi neraca keuangan, di mana mereka cenderung ingin menabung atau membayar utang, namun enggan untuk meminjam dan berbelanja.

Dalam rangka menghidupkan kembali permintaan domestik yang tetap lemah, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) China telah berjanji untuk segera meluncurkan kebijakan dukungan konsumsi. Pada hari Selasa (18/7/2023), perencana ekonomi pemerintah China menegaskan bahwa mereka akan menerapkan kebijakan yang bertujuan untuk “memulihkan dan memperluas” konsumsi tanpa menunda-nunda, mengingat kelemahan daya beli konsumen saat ini.

Sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia, China mengalami pertumbuhan yang lemah pada kuartal kedua. Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) hanya mencapai 6,3% pada kuartal kedua dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jauh di bawah perkiraan pertumbuhan sebesar 7,3%.

Pada konferensi pers bulanan yang diadakan oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) pada hari Selasa, seorang pejabat NDRC bernama Jin Xiandong menyatakan bahwa pemulihan ekonomi terus menghadapi kesulitan dan tantangan akibat “permintaan yang tidak mencukupi, momentum yang lemah, dan kepercayaan yang rendah”.

Top Mortar gak takut hujan reels

Jin menambahkan bahwa ekspektasi terhadap daya beli dan konsumsi konsumen saat ini relatif lemah, sementara infrastruktur dan lingkungan konsumsi perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, NDRC akan segera merumuskan dan meluncurkan kebijakan untuk memulihkan dan memperluas konsumsi.

“Dengan fokus pada stabilisasi konsumsi komoditas massal, peningkatan konsumsi mobil dan elektronik, serta optimalisasi lingkungan konsumsi, kami akan menghadirkan serangkaian kebijakan praktis dan efektif serta mempercepat implementasinya,” tambahnya.

Penjualan ritel, yang merupakan indikator konsumsi, hanya tumbuh sebesar 3,1% pada bulan Juni, mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan kenaikan sebesar 12,7% pada bulan Mei. Jin juga menyatakan bahwa NDRC akan berusaha untuk menstabilkan lapangan kerja, terutama dengan membantu para pemuda.

Tingkat pengangguran di kalangan pemuda naik menjadi 21,3% pada bulan Juni, meningkat dari 20,8% pada bulan Mei, mencatatkan rekor tertinggi baru, karena para lulusan baru bersaing ketat dalam mencari pekerjaan yang terbatas selama musim perekrutan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan