Kunjungan Menparekraf Sandiaga ke Jawa Timur: Mendukung UMKM dan Berolahraga di Surabaya

0
313
Kunjungan Menparekraf
Kunjungan Menparekraf Sandiaga ke Jawa Timur: Mendukung UMKM dan Berolahraga di Surabaya (Dok: https://kemenparekraf.go.id/)
Pojok Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno selalu menyempatkan diri untuk berolahraga, termasuk saat kunjungan kerjanya ke Jawa Timur pada Sabtu (15/7/2023). Di tengah padatnya agenda kerja, ia berlari pagi bersama komunitas lari di Surabaya.

Menparekraf Sandiaga memulai larinya dari hotel di pusat kota dan menikmati suasana pagi Kota Surabaya selama lebih dari 5 kilometer menuju Taman Bungkul, sebuah taman wisata kota. Di sana, sedang berlangsung kegiatan “UMKM Expo HRA” yang menampilkan produk-produk ekonomi kreatif dari pelaku UMKM di Kota Surabaya.

Kunjungan Menparekraf Sandiaga ke Jawa Timur

Selama berada di Taman Bungkul, Menparekraf Sandiaga meluangkan waktu untuk mengunjungi stand-stand UMKM dan membeli beberapa produk. Sebelumnya, ia juga mengikuti senam aerobik bersama masyarakat setempat yang menyambutnya dengan antusias.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, “Pagi ini kita melihat antusiasme masyarakat dalam berolahraga, termasuk senam. Namun, setelah itu, kita juga dapat mendukung UMKM dan memasarkan produk mereka agar omzet meningkat. Dengan demikian, mereka dapat memperluas peluang usaha dan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024.”

PT Mitra Mortar indonesia

Selama kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga juga mendengarkan aspirasi pelaku UMKM yang menghadapi berbagai kendala, seperti masalah pemasaran, akses pembiayaan, perizinan, dan sertifikasi halal.

Menurut Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki berbagai program yang dapat membantu pelaku UMKM meningkatkan kapasitas dan kualitas usaha mereka, termasuk mengatasi kendala yang dihadapi.

“Kami memiliki beberapa program terkait kemasan produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kemasan sangat penting untuk penjualan. Meskipun produk atau makanannya bagus, jika kemasannya kurang baik, sulit untuk memasarkannya, terutama jika kita ingin menembus pasar internasional,” ujar Sandiaga.

Dukungan masyarakat terhadap produk-produk UMKM akan mendorong pertumbuhan mereka. Sandiaga menekankan, “Kita harus mendukung produk-produk UMKM ini dan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mempercepat perkembangan usaha mereka agar bisa bersaing dengan bisnis yang lebih besar. Mari kita ciptakan kondisi yang kondusif agar UMKM ini naik kelas.”

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan