Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris, IMF Prediksi Pulih dari Krisis dan Ancaman Resesi

0
422
Ekonomi Inggris
Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris, IMF Prediksi Pulih dari Krisis dan Ancaman Resesi
Pojok Bisnis

Kondisi ekonomi Inggris belakangan ini telah menghadapi krisis yang cukup parah. Namun, ada kabar baik bahwa International Monetary Fund (IMF) memprediksi bahwa negara tersebut akan keluar dari ancaman resesi pada tahun 2023. Menurut laporan dari Reuters (23/5/2023), IMF menyatakan bahwa produk domestik bruto (PDB) Inggris diperkirakan akan tumbuh sebesar 0,4% pada tahun ini. Ini merupakan perubahan signifikan karena pada bulan April sebelumnya, IMF memperkirakan kontraksi ekonomi Inggris sebesar 0,3%.

Beberapa faktor telah berkontribusi pada perbaikan kondisi ekonomi Inggris. Pertumbuhan upah pekerja yang lebih cepat dari biasanya, pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi, peningkatan di sektor bisnis, dan penurunan biaya energi yang sebelumnya meningkat secara drastis. Meskipun demikian, Raja Charles yang memimpin negara tersebut belum bisa bernapas lega karena kondisi ekonomi masih tergolong lemah.

IMF menjelaskan, “Aktivitas ekonomi telah melambat secara signifikan dibandingkan tahun lalu dan tingkat inflasi masih tinggi akibat guncangan nilai tukar yang parah akibat perang Rusia di Ukraina. Selain itu, pasokan tenaga kerja juga masih terbatas akibat pandemi.” IMF juga memperkirakan bahwa tingkat inflasi di Inggris akan mengalami penurunan sekitar 5% menjelang akhir tahun ini, setelah sebelumnya sempat melampaui angka 10%. Pada pertengahan tahun 2025, inflasi diperkirakan akan turun menjadi 2%.

Dalam pandangan IMF, perbaikan ini memberikan harapan bahwa ekonomi Inggris dapat tumbuh sebesar 1% pada tahun 2024 dan 2% dalam dua tahun berikutnya, sebelum kembali mencapai tingkat pertumbuhan jangka panjang sekitar 1,5% per tahun. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa perkiraan ini tetap bersifat prediksi dan tergantung pada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kondisi ekonomi di masa depan.

PT Mitra Mortar indonesia

Sebagai upaya untuk memperbaiki kesejahteraan ekonomi Inggris, pemerintah dan berbagai pihak terkait perlu melanjutkan langkah-langkah strategis yang dapat meningkatkan stabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Diperlukan kebijakan yang tepat dalam menghadapi tantangan seperti perubahan pasar global, dampak pandemi, dan isu geopolitik yang mungkin mempengaruhi kondisi ekonomi negara tersebut.

Selain itu, penting juga bagi Inggris untuk terus mendorong inovasi dan investasi di berbagai sektor yang memiliki potensi pertumbuhan. Peningkatan infrastruktur, pelatihan tenaga kerja yang efektif, dan kemajuan teknologi dapat menjadi faktor penting dalam memperkuat fondasi ekonomi negara dan meningkatkan daya saing di pasar global.

Meskipun kondisi ekonomi Inggris menghadapi tantangan yang serius, ada harapan bahwa dengan langkah-langkah yang tepat, negara tersebut dapat pulih dan mencapai pertumbuhan yang lebih baik. IMF memproyeksikan pertumbuhan positif dalam beberapa tahun mendatang, namun perlu diingat bahwa prediksi ini dapat berubah seiring dengan dinamika ekonomi global dan faktor-faktor lainnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan