Pemkab Malang Kebut Perbaikan Jalan Menuju Pantai Selatan

0
1033
Pantai Selatan
Pemkab Malang Kebut Perbaikan Jalan Menuju Pantai Selatan
Pojok Bisnis

Akses ke kawasan wisata Pantai Selatan sering kali menjadi keluhan bagi wisatawan. Kerusakan jalan yang parah dan panjang telah memprihatinkan banyak pihak. Namun, ada kabar baik dari Pemerintah Kabupaten Malang.

Pemkab Malang berjanji untuk melakukan perbaikan total pada kondisi jalan yang rusak parah tersebut tahun ini. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Purwoto, mengakui sering menerima keluhan dari masyarakat terkait akses jalan, terutama yang menuju pantai selatan.

Hal ini menjadi prioritas Pemkab Malang pada tahun 2023-2024 yang fokus pada sektor pariwisata. Setiap perangkat daerah (PD) diinstruksikan untuk mengembangkan program yang mendukung peningkatan wisata, termasuk infrastruktur yang memfasilitasi akses ke tempat wisata.

Disparbud Kabupaten Malang telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (DPUBM) untuk merencanakan perbaikan jalan menuju kawasan wisata pantai. Rencananya, jalan sepanjang 33 kilometer dari Kecamatan Gondanglegi hingga Balekambang akan diperlebar menjadi maksimal 20 meter. Purwoto berharap setelah peningkatan selesai, keluhan masyarakat akan berkurang.

PT Mitra Mortar indonesia

Pembebasan Lahan

Proses pembebasan lahan untuk pelebaran jalan tersebut telah mencapai 100 persen. Bupati Malang, Sanusi, juga memastikan hal tersebut beberapa waktu lalu. Tahun ini, sudah ada pembebasan lahan sepanjang 6 kilometer yang diselesaikan. Pengerjaan jalan diharapkan dapat dimulai pertengahan bulan depan.

Total pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab Pemkab Malang adalah sekitar 16 kilometer. Sementara sisanya akan ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (KemenPUPR) melalui pengajuan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur Bali. Namun, belum ada kepastian mengenai waktu penyelesaiannya.

Selain itu, perbaikan juga akan dilakukan pada Jalan Karangkates-Kalipare-Donomulyo-Modangan tahun ini. Pemkab Malang telah mengajukan dana sebesar Rp 47 miliar dari pemerintah pusat untuk perbaikan jalan tersebut. Pengerjaan fisik direncanakan akan dimulai pada bulan Agustus setelah proses lelang pada bulan Juni hingga Juli 2023. Anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 800 miliar.

Namun, perbaikan pada dua ruas jalan lainnya yang menuju pantai masih belum pasti karena merupakan kewenangan pemerintah pusat. Ruas Jalan Talok menuju Sendang Biru dan ruas Jalan Kepanjen-Pagak-Donomulyo-Ngliyep akan mengalami perbaikan, tetapi jadwal dan ruas yang akan diperbaiki masih dalam proses pembahasan.

Dengan adanya perbaikan jalan menuju kawasan wisata pantai, diharapkan akses wisatawan menjadi lebih lancar dan kondisi jalan yang memprihatinkan dapat teratasi. Pemkab Malang berkomitmen untuk meningkatkan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan