BPS: Tingkat Inflasi Januari-Juli 2018 Masih di Bawah Target Pemerintah

0
800
Ilustrasi inflasi. (bulogterkini.com)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sejak Januari sampai dengan Juli 2018 tingkat inflasi yang terjadi di Indonesia mencapai 2,13%. Namun, bila dilihat secara year-on-year (yoy) tingkat inflasi mencapai 3,2%.

Kendati menyentuh 3%, Kepala BPS Suhariyanto menuturkan bahwa inflasi tersebut masih aman karena di bawah target pemerintah. “Ini menggembirakan karena tingkat inflasi masih berada di bawah target pemerintah sebesar 3,5 persen,” ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin (3/9).

Sementara untuk deflasi, pada Agustus 2018 BPS mencatat terjadi deflasi sebesar 0,05% dibanding Juli 2018.

Suhariyanto pun menyebutkan bahwa secara tahunan inflasi tersebut masih lebih kecil dibandingkan tahun lalu sebesar 3,82% (yoy). Namun lebih kecil dibanding 2016 sebesar 2,79% (yoy).

Top Mortar gak takut hujan reels

Lebih lanjut, menurut pantauan BPS terdapat 52 kota dari 82 kota yang mengalami deflasi, sedangkan sisanya mengalami inflasi. Baubau menjadi kota dengan deflasi tertinggi sebesar 2,49%. Dan Tarakan menjadi kota dengan inflasi tertinggi sebesar 0,62%.

Suhariyanto pun menjabarkan, deflasi yang terjadi pada beberapa sektor, seperti harga bahan pangan sebesar 1,1%, sandang 0,07%, serta transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan yang capai 0,15%. Dan untuk inflasi, BPS hanya mendapatkan yang tertinggi pada pendidikan sebesar 1,03%.

Sementara bila dilihat dari komponen, BPS mencatat adanya inflasi inti pada Agustus 2018 sebesar 0,3% (mtm) dan 2,9% (yoy). Sementara komponen yang diatur pemerintah terdapat deflasi 0,06% (mtm) dan 2,55% (yoy).

Selain itu, BPS menyebut adanya gejolak pada harga pangan yang mengalami deflasi sebesar 1,24% (mtm) dan 4,97% (yoy). Secara umum, terang Suhariyanto, pada Agustus 2018 deflasi utama dipengaruhi turunnya angkutan udara, harga telur ayam, dan bawang merah.

“Sementara, masih terjadi inflasi karena naiknya biaya sekolah,” pungkasnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.