Site Weda Diharapkan Mampu Kembangkan Potensi Setempat

0
147
(Dok:SUCOFINDO)
Semen Instan Serbaguna

Jakarta – Site Weda di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, yang baru diresmikan pada Jumat (10/2), akan mampu mengembangkan potensi wilayah setempat, demikian kata Direktur Utama PT Sucofindo Wigrantoro Roes Setiyadi.

“Tak hanya fokus dalam layanan mineral dan batu bara, pengembangan potensi wilayah khususnya dalam melayani jasa di sektor sertifikasi dan eco-framework, minyak dan gas, laboratorium pengujian dan kalibrasi, komoditi dan solusi perdagangan, dan sertifikasi halal,” ucap dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (14/2).

Menurut dia, peresmian Site Weda merupakan komitmen PT Sucofindo dalam realisasi mendukung operasional smelter yang dicanangkan pemerintah untuk mendirikan 53 smelter di Indonesia

Site Weda disebut mampu melayani kegiatan inspeksi dan pengujian mineral dan batu bara untuk produk smelter, seperti bijih nikel dan produk turunan nikel lainnya.

Top Mortar Semen Instan

“Selain itu, lokasi site kami dekat dengan smelter terbesar di Provinsi Maluku Utara yang terletak di Lelilef, Halmahera Tengah,” ujarnya.

Peresmian Site Weda juga merupakan langkah nyata mendukung refocussing bisnis Sucofindo dalam IDSurvey, yaitu mendukung kebijakan pemerintah dalam hilirisasi produk pertambangan serta mendukung tata kelola pertambangan yang berkelanjutan (sustainable mining practices).

Kepala Sertifikat Badan Usaha (SBU) Mineral Suprapto menambahkan bahwa Site Weda merupakan upaya pihaknya dalam penetrasi pelanggan eksisting dan menjaring pelanggan baru.

“Lokasi kami dekat dengan wilayah mayoritas pertambangan yang berada di Halmahera Tengah (Lelilef dan Gebe), Halmahera Timur (Subaim, Buli, dan Maba), serta Halmahera Selatan (Obi). Namun, tidak menutup kemungkinan untuk Site Weda dapat melayani potensi pelanggan di area pertambangan dan industri pertambangan lain di Provinsi Maluku Utara maupun provinsi lain yang berada di dekatnya seperti Pulau Gag,” kata Suprapto.

Kedekatan lokasi tersebut dengan wilayah mayoritas pertambangan diharapkan dapat meningkatkan waktu layanan yang selama ini masih tergantung pada Laboratorium Sucofindo di Makassar, Sulawesi Selatan dan Kendari di Sulawesi Tenggara.

Site Weda dilengkapi pula dengan peralatan mutakhir, semisal fasilitas preparasi dan pengujian dengan XRF Epsilon 4 yang mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi hasil pengujian mineral.

Kepala Cabang PT Sucofindo Cabang Makassar Gatot Kafrawi menyampaikan pihaknya siap mendukung pemerintah daerah Halmahera Tengah dan sekitarnya.

“Harapan kami, dengan kehadiran laboratorium Sucofindo Site Weda ini akan mempercepat proses pengujian dari kegiatan di sektor mineral maupun batubara,” ungkapnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan