Dukung UMKM, Sucofindo Bersinergi dengan Rietzstar

0
7

Untuk mendukung para pelaku usaha, khususnya para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), PT SUCOFINDO (Persero) bersinergi dengan PT Asinusa Berkah Utama (Rietzstar). Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin dan Direktur Utama RIETZSTAR Rieta Amilia Beta di Graha SUCOFINDO.

“Kami berkomitmen dalam membantu pelaku usaha melalui jasa yang kami miliki, salah satunya dengan RIETZSTAR ini sebagai tahap awal melakukan Uji Produk Makanan. Kerja sama ini pun sejalan dengan visi bersama mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” ujar Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin.

Bachder mengatakan dalam kerja sama ini pada tahap awal melayani jasa Pengujian produk makanan, yang di dalamnya mencakup Uji Higienitas makanan, Kadaluwarsa, Uji Halal, kandungan produk, serta keamanan produk dari packaging sampai bahan makanan. “Pengujian produk makanan ini mampu memberikan jaminan kualitas serta keamanan produk bagi konsumen,” ujar Bachder.

Komitmen sinergi ini pun sejalan dengan fokus SUCOFINDO dalam mendukung pelaku usaha khususnya di masa pandemi. “Oleh karena itu, melalui RIETZSTAR kita bersama dalam membantu para pelaku usaha dan sekaligus merespon program Kementerian Perindustrian dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya, bagi pelaku usaha UMKM di bidang kuliner dengan melayani jasa sertifikasi produk makanan,” ujar Bachder.

Bachder berharap untuk ke depannya proses bisnis ini tak henti fokus pada sektor pengujian produk makanan saja, tetapi dapat terus berjalan sesuai dengan potensi, dukungan dan perkembangan bisnis antar ke dua belah pihak.

Pada kesempatan yang sama, Owner PT ASINUSA Berkah Utama Owner Basuki Kusuma menyatakan apresiasi atas dukungan SUCOFINDO dalam perilisan RIETZSTAR. “Dengan adanya kerja sama dengan SUCOFINDO, kami sangat berterima kasih terutama dalam membantu pengujian produk makanan. Kami percaya atas kualitas SUCOFINDO yang dilengkapi dengan laboratorium uji yang lengkap,” kata Basuki.
Sinergi ini pun berdampak pada memberikan jaminan kualitas bagi pelaku usaha yang tergabung dalam RIETZSTAR. “Tentu saja ini pun mampu berdampak positif dalam menjaminkan keamanan dan kepercayaan bagi konsumen,” kata Basuki.

RIETZSTAR sendiri menurut Basuki adalah aplikasi yang mengakurasi makanan dan minuman, memberikan rating masakan oleh chef terbaik dari Indonesian Chef Association (ICA). “Selain itu, dalam member RIETZSTAR kami juga menyediakan bantuan modal pinjaman usaha untuk mengembangkan bisnis kuliner rumahan, serta layanan paket promosi serta upgrade packaging makanan agar tampil premium dan berkualitas,” ujar Basuki.

Sebagai perusahaan TIC (Testing, Inspection, and Certification), PT SUCOFINDO (Persero) juga menguji keamanan produk untuk konsumen, terutama dalam pengujian informasi gizi dari berbagai macam produk makanan (Hasil olahan tepung, hasil olahan daging dan ikan, dan produk pangan lainnya) dan minuman (minuman kemasan, kopi dan teh, dan susu), dan minyak.

PT SUCOFINDO (Persero) dalam produk konsumsi juga telah dipercaya pemerintah untuk melakukan inventarisasi dan bimbingan kepada industri untuk menerapkan Good Manufacturing Practices (GMP). GMP merupakan bagian dari suatu pendekatan yang terpadu untuk mengelola kualitas dan keamanan dari makanan upaya itu meliputi keseluruhan prosedur, proses, dan aktifitas untuk menjamin kualitas dan keamanan produk tercapai secara konsisten. Dengan adanya sertifikat GMP maka diharapkan mampu mendapatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan kompetensi perusahaan, meningkatkan daya saing global, dan meningkatkan keamanan produk sesuai dengan standar regulasi baik nasional dan internasional.

Selain itu, dalam membantu peran pelaku usaha PT SUCOFINDO (Persero) sebelumnya pernah menyalurkan bantuan berupa Pelatihan dan Sertifikasi Gratis untuk IKM dengan ruang lingkup SNI Mainan Anak dan Pakaian Bayi. Selain itu, berupa bantuan secara gratis untuk UMKM untuk pengujian makanan.

Selanjutnya, PT SUCOFINDO (Persero) dalam menjaminkan pelaku usaha khususnya di bidang pariwisata dalam pencegahan Covid-19, mampu melayani jasa Sertifikasi ARISE, yaitu pedoman para pelaku usaha menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal.

Selain itu, PT SUCOFINDO (Persero) berkomitmen meminimalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja dengan melayani jasa pengujian kualitas udara dan jasa Disinfection Monitoring. Jasa ini memonitor bagaimana perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta melakukan cek atas keefektifan proses disinfektasi di lingkungan usaha, terutama di bagian yang sering terpapar publik.

PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan layanan Jasa Penyemprotan Disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.