Karena Hal Ini, Mendes Yakin Tingkat Kemiskinan Tahun Depan Turun

0
370

Berempat.com – Tahun depan, pemerintah sudah merencanakan adanya kenaikan dana desa hingga menjadi Rp 73 triliun. Alokasi tersebut lebih tinggi dibanding tahun ini Rp 60 triliun. Dengan dinaikkannya alokasi dana desa tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo pun yakin angka kemiskinan akan turun tahun depan.

“Kalau dalam teori Kuznet, itu setiap kenaikan income per kapita di daerah miskin itu akan didahului kenaikan rasio sesaat sampai orang kayanya benar-benar,” ujar Eko di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Selasa (21/8).

Eko pun mengambil data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut bahwa tingkat kemiskinan pada Maret 2018 berada di level 9,82% atau setara 25,95 juta orang. Angka tersebut turun dibandingkan Maret 2017 sebanyak 10,64% atau setara 27,77 juta orang.

“Tapi yang menggembirakan adalah jumlah penurunan angka kemiskinannya lebih besar di desa daripada di kota,” imbuh Eko.

Menurut Eko, bila akselerasi penurunan kemiskinan di desa dapat dipertahankan, maka bukan tak mungkin tujuh tahun ke depan tingkat kemiskinan di desa jauh lebih kecil daripada di kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.