Menteri ESDM Beri Sinyal Harga Pertalite, Tarif Listrik, dan Elpiji 3kg akan Naik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (Dok: Humas EBTKE)

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan kepada anggota DPR RI, harga Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite dan tarif listrik akan naik, sebagai respons naiknya harga minyak mentah dunia.

Arifin menjelaskan, harga minyak yang sudah tinggi kian melambung setelah ada konflik Rusia-Ukraina. Sehingga harga minyak mentah Indonesia (ICP/Indonesia Crude Price) mencapai 98,4 dollar AS per barel di bulan Maret 2022.

Angka itu jauh di atas asumsi APBN 2022 yang hanya 63 dollar AS per barel. Lalu harga CP Aramco LPG juga mencapai 839,6 dollar AS per metrik ton, jauh di atas asumsi awal pemerintah yaitu 569 dollar AS per metrik ton.

Penaikan harga Pertalite dan tarif listrik juga menjadi strategi pemerintah untuk menghadapi lonjakan harga minyak mentah dunia.

Strategi jangka pendek di sektor BBM salah satunya perubahan kuota jenis BBM tertentu (JBT) solar, minyak tanah, dan JBKP Pertalite dan penyesuaian harga BBM non subsidi.

Kuota Solar subsidi diusulkan bertambah sebesar 2,29 juta kilo liter (kl) menjadi 17,39 juta kl, minyak tanah bertambah 0,10 juta kl menjadi 0,58 juta kl, dan Pertalite bertambah 5,45 juta kl menjadi 28,50 juta kl.

“Dalam jangka menengah dan panjang kita akan melakukan optimalisasi campuran bahan bakar nabati dalam solar, penyesuaian harga Pertalite, minyak solar dan mempercepat bahan bakar pengganti antara lain KBLBB, BBG, bioethanol, BioCNG, dan lain-lain,” kata Arifin saat rapat dengan Komisi VII DPR, Rabu (13/4/2022).

Penyesuaian tarif listrik juga akan dilakukan sebagai strategi jangka pendek untuk mengurangi konsumsi BBM dan tekanan APBN di sektor ketenagalistrikan.

Rapat Kerja Komisi VII DPR RI dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dipimpin oleh Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendorong Menteri SDM untuk dapat proaktif dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat, Misalnya terkait dinamika kenaikan harga minyak di pasaran global dan dampaknya terhadap harga BBM di dalam negeri.