Indonesia Kirim 1.093 Ekor Kambing Lewat Udara pada Tahap Kedua Ekspor ke Malaysia

0
619

Berempat.com – PT Inkopmar Cahaya Buana telah melangsungkan ekspor kambing keduanya dari Jawa Timur menuju Malaysia pada Rabu, (1/8). Namun, kali ini ekspor dilakukan menggunakan pesawat guna memudahkan dan mempercepat waktu pengiriman. Sebelumnya, ekspor perdana sudah dilakukan melalui jalur laut.

“Ini merupakan yang pertama ekspor dengan menggunakan jalur udara,” ungkap Chief Eksekutive Officer PT Inkopmar Cahaya Buana Rio Lukman di Sidoarjo, Jawa Timur, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/8).

Rio mengungkapkan, kambing jenis domba yang diekspor tersebut diperoleh dari peternak yang berada di Provinsi Jawa Timur, seperti dari Kabupaten Jember, Lumajang, dan juga dari Kediri. Pada pengiriman perdana menggunakan pesawat ini terdapat 1.093 ekor kambing yang dikirim. Rio pun mengungkapkan bahwa sampai akhir tahun ini pihaknya menargetkan ekspor bisa mencapai 60.000 ekor kambing.

“Padahal kebutuhan Malaysia bisa lebih dari itu. Kami juga sempat diberitahu beberapa jenis kambing dari negara lain yang akan masuk Malaysia, tetapi kami diberikan kesempatan karena rasa dari kambing asal Indonesia lebih enak,” imbuhnya.

Adapun kambing yang diekspor oleh Ikopmar Cahaya Buana diperoleh dari peternah lokal di wilayah Jawa Timur. Rio mengungkapkan bahwa ia memperoleh di kisaran harga Rp 35 ribu – Rp 37 ribu setiap kilogram daging hidup. “Kemudian kami kumpulkan di Surabaya untuk selanjutnya diekspor ke Malaysia,” ujarnya.

Selain Malaysia, Rio juga mengatakan bahwa ke depan pihaknya akan membidik wilayah Timur Tengah sebagai tujuan ekspor selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.