Menkeu Optimis Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% di Akhir Tahun

0
299
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Nawacita.co)

Berempat.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimis ekonomi Indonesia akan tumbuh di level 5,2% pada akhir tahun. Hal tersebut disampaikan Yani pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (9/7).

Perkiraan Yani tersebut berdasarkan beberapa faktor. Mulai dari kinerja APBN 2018 pada semester pertama di tahun ini yang dinilainya berjalan baik. Seperti dari sisi penyerapan, di semester I-2018 penerimaan perpajakan dari PPh non-migas tumbuh 14,9%, dan PPh migas tumbuh 9%. Kemudian bea dan cukai pun tumbuh 16,7%. Peningkatan pada bea dan cukai tersebut bahkan disebut sebagai yang tertinggi sejak 3 tahun terakhir.

Selain itu, Yani mengatakan dari sisi Penerimaan Negara Bukan Pajak (BNPB) tumbuh 47,9% seiring melemahnya nilai rupiah terhadap dolar AS.

Kemudian dari sisi belanja, Yani menyebut realisasi belanja kementerian/lembaga (K/L) sudah mendekati 35%, sedangkan belanja non-K/L mencapai 43,9%.

Dengan penerimaan dan belanja tersebut, Yani pun mengungkapkan angka defisit anggaran mengalami penurunan. Hal itu juga terlihat dari keseimbangan primer yang surplus Rp 10 triliun, dari tahun lalu dengan defisit Rp 68 triliun pada periode yang sama.

Lebih lanjut, Yani pun memperkirakan untuk keseluruhan penerimaan 2018 akan mencapai Rp 1.903 triliun atau lebih tinggi Rp 8,3 triliun dari yang sebelumnya ditetapkan Rp 1.894 triliun. Sementara untuk belanja negara penyerapannya sampai akhir tahun sekitar 95%-96%, atau mencapai Rp 2.217,3 triliun. Angka tersebut kurang Rp 3,4 triliun dari yang dianggarkan Rp 2.220,7 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.