Menteri PUPR: Tarif Tol Trans-Jawa Diskon 10% Selama Arus Mudik

0
340
Kondisi di gerbang tol Cikarang Utama saat arus balik Lebaran 2017. (Kompas.com/Nibras Nada Nailufar)

Berempat.com – Rencana Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memberikan diskon 10% pada pengguna tol Trans-Jawa selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 sepertinya akan benar-benar terealisasi. Pasalnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa kesepakatan telah diambil dalam rapat antara Bina Marga PUPR dan BUJT.

“Tadi pak Dirjen Bina Marga baru lapor sedikit hasil rapat dengan BUJT. Jadi berlakunya rata rata diskonnya 10%,” ungkap Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5).

Basuki juga memastikan bahwa diskon tarif tol tersebut bakal berlaku di seluruh ruas rol yang ada. “Termasuk Jabodetabek dan non Trans-Jawa,” tambahnya.

Namun, soal penerapan waktu diskon bagi masing-masing ruas tol, Basuki menerangkan bahwa hal tersebut akan ditetapkan oleh pihak BUJT. Nantinya, BUJT harus melaporkan kepada pemerintah.

“Kapannya kalau itu kita libur dari tanggal 11 (Juni) itu sampe selesai libur. Tapi ada yang H-2 sampe H+2 itu tergantung mereka (BUJT) sendiri,” terang Basuki.

Hal senada pun diungkapkan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi. Menurutnya, vluntary akan ditindaklanjuti mengingat adanya persiapan yang berbeda-beda di masing-masing ruas tol saat lalu lintas tinggi.

“Hanya tinggal waktunya kan beda-beda, ada yang prefer di peak days, ada yang mau berikan lebih panjang lagi seminggu sebelum dan sesudah,” tuturnya.

Saat ini, pemerintah tinggal menunggu keputusan pihak BUJT dalam menentukan waktu pemberian diskon mulai dilakukan. Tapi, yang pasti kesepakatan untuk memberikan diskon rata-rata sebesar 10% dari tarif awal sudah diteken.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, terkait Surat Keputusan (SK) penetapan pemberian diskon tarif tol tersebut akan dikeluarkannya pada pekan depan setelah BUJT mentapkan waktu pemberian diskon.

“Nanti tinggal saya buat SK, mungkin hari Senin atau Selasa (pekan depan),” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.