Asian Games 2018 Bisa Berdampak pada Ekonomi Indonesia Capai Rp 45 Triliun

0
258

Berempat.com – Ajang olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018. Asian Games dipercaya dapat memberikan banyak dampak positif bagi Indonesia. Salah satu yang paling dipercaya adalah dampak terhadap perekonomian Indonesia ke depan.

Namun, dalam penyelenggaraannya Indonesia harus lebih dulu mengeluarkan modal. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memperkirakan, Asian Games 2018 akan berdampak pada ekonomi Indonesia mencapai Rp 45,2 triliun.

Dampak ekonomi yang dimaksud Bambang seperti biaya pengeluaran untuk peserta dan pengunjung Asian Games 2018 yang diperkirakan capai Rp 3,6 triliun. Angka tersebut terbagi Rp 2,5 triliun di Jakarta dan Rp 1,1 triliun di Palembang.

Selain itu, biaya akomodasi diperkirakan akan menelan jumlah pengeluaran terbanyak mencapai Rp 1,3 triliun. Dan dari segi transportasi akan menjani biaya terbesar kedua yang mencapai Rp 640 miliar, konsumsi sebesar Rp 628 miliar, biaya belanja Rp 560 miliar, dan biaya hiburan Rp 280 miliar.

Selanjutnya, total perkiraan biaya konstruksi fasilitas pendukung Asian Games 2018, termasuk di antaranya pembangunan Gelora Bung Karno, Stadion Jakabaring, wisma atlet, dan Light Rapid Transit (LRT) mencapai Rp 34 triliun, ditambah biaya operasional sebesar Rp 7,2 triliun.

“Ini baru awal dari kajian. Dampak tidak langsung dan dampak setelah Asian Games kemungkinan akan lebih besar,” tambah Bambang di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Minggu (13/5).

Sementara itu, Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir memperkirakan Indonesia akan kedatangan 10 ribu atlet dari 45 negara beserta 5.000 officials. Selain itu, ia memperkirakan akan ada dua juta penonton yang mengikuti ajang Asiang Games 2018.

“Asian Games 2018 diperkirakan mampu mendatangkan 200 ribu wisatawan mancanegara serta diliput sekitar 7.000 media, baik lokal maupun internasional,” ujar Erick di lokasi yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.