Mahasiswa UNISMA Sukses Tingkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar

0
130
Mahasiswa UNISMA
Mahasiswa UNISMA
Pojok Bisnis

Mahasiswa UNISMA Sukses Tingkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi, Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang yang tergabung dalam program rekognisi Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) jalur MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dengan program Kampus Mengajar, Senin (01-08-2022). Empat mahasiswa yang tergabung dalam KSM jalur MBKM program Kampus Mengajar yakni Andini Oktavia, Alfiana Maulida, Jimmy Putra Adi Winata, dan Ira Maya Okta dari FKIP UNISMA dinyatakan lulus mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 4 selama 5 bulan.

Mahasiswa UNISMA Sukses Tingkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi   

Kampus mengajar merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan peluang kepada para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar di luar kampus serta ikut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sasaran sekolah untuk penempatan Kampus Mengajar pada Angkatan 4 ini adalah sekolah di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Dengan adanya program kampus mengajar ini diharapkan 14.504 mahasiswa yang lolos dan terjun langsung dapat belajar, berkolaborasi, berkreasi, dan mengabdi di sekolah yang ditugaskan. Mahasiswa sebagai aset dan harapan bangsa untuk masa depan diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas Pendidikan pada jenjang SD dan SMP khususnya di bidang Literasi dan Numerasi.

Sebelum terjun langsung ke sekolah sasaran, mahasiswa yang lulus program Kampus Mengajar Angkatan 4 harus mengikuti pembekalan selama 2 minggu secara daring melalui platform zoom meeting dan youtube Ditjen Diktiristek. Pembekalan yang berisi materi-materi pendidikan ini dilakukan untuk memberikan pandangan selama penugasan dan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Terdapat poin penting dalam program Kampus Mengajar ini yaitu peningkatan literasi dan numerasi peserta didik, asistensi mengajar, adaptasi teknologi disekolah, dan pengoptimalan administrasi sekolah.

Pelaksanaan Program Kampus Mengajar telah terbukti menjadi salah satu solusi untuk akselerasi pemulihan pembelajaran siswa di sekolah pasca pandemi dengan fokus pada peningkatan literasi dan numerasi. Mahasiswa Program Kampus Mengajar menjadi mitra guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan disesuaikan dengan kebutuhan di setiap sekolah.Selain peningkatan literasi dan numerasi program ini juga berfokus pada pengembangan adaptasi teknologi sekolah dan membantu administrasi sekolah.

Top Mortar gak takut hujan reels

Melalui kegiatan Kampus Mengajar, mahasiswa ikut serta menjadi bagian dari perubahan dalam pendidikan di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi dan kompetensi, baik itu hard skills maupun soft skills yang diharapkan dapat menjadi bekal ketika turun ke dunia profesional.

Tidak hanya bagi mahasiswa, Kampus Mengajar juga memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa yang ada di sekolah penempatan. Sekolah akan mendapatkan bantuan dalam pembelajaran literasi numerasi serta akan mendapatkan bantuan adaptasi teknologi.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan