Usaha Busana Muslim Selalu Jadi Primadona

0
55
Baju muslim (dok bajumurahonline.biz)

 

Kebutuhan akan fashion terutama pakaian tidak pernah sepi. Tak heran jika pelaku bisnis dalam bidang ini terus bermunculan dengan karakteristik atau ciri khasnya masing-masing.

Khusus untuk fashion baju muslim pun terus bergeliat. Hal ini, karena semakin banyak orang yang mengenakan baju muslim. Tidak hanya itu, dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan dan Lebaran maka bisa dipastikan permintaan akan produk baju muslim ini terus meningkat.

Bahan

Umumnya untuk busana muslim, bahan yang disukai adalah bahan katun dan kaos spandec rayon. Dua jenis bahan ini dipilih karena mudah menyerap keringat dan sangat cocok dengan iklim di Indonesia. Khusus untuk katun yang digunakan adalah bahan katun voal, bahan kain ini lebih tipis sehingga jatuhnya di badan lebih bagus.

Namun, biasanya juga untuk busana muslim menggunakan katun muven yang bahannya lebih tebal dari katun voal. Sedangkan motif yang lagi tren adalah bunga, polos, dan garis dengan kombinasi warna cerah seperti merah, orange, kuning, dan biru dongker. Motif ini biasa disebut dengan motif tabrak warna.

Selain berkreasi dengan motif, desain harus menjadi perhatian penting. Akan lebih baik, jika pengusaha rutin meluncurkan desain-desain baru yang disesuaikan dengan perkembangan tren atau pun selera pasar.

Selain harus pandai membaca peluang atau membaca tren yang ada, pelaku usaha di bidang ini harus pandai melihat segmen pasar yang dituju. Setelah menentukan segmen pasar, barulah bisa membaca selera di kelas atau segmen pasar yang akan jadi target sasaran.

Saat ini, busana muslim hoodie sedang menjadi tren. Busana ini digemari pasar karena segmentasi pasar cukup luas, dari kalangan remaja hingga dewasa. Selain itu, busana muslim yang berbentuk gaun panjang tetap disukai pasar. Untuk mempermanis tampilan dipadupadankan dengan belt atau ikat pinggang besar.

 

Oleh: Normamoi,

Desainer dari Butik Hauri Collezione,

Anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.