Meningkatkan Pendapatan Usaha Laundry

0
39
Laundy Koin (dok tukanglaundry.co.id)

 

Kunci keberhasilan suatu usaha (apalagi sudah berjalan dua tahun), adalah pemisahan antara keuangan pribadi (gaji dari kantor Anda) dan keuangan usaha (pendapatan usaha laundry Anda). Fungsi pemisahan ini adalah untuk melihat kinerja usaha Anda, yang dalam kasus Anda ternyata bukannya untung, melainkan untuk menutupi biaya gaji pegawai pun masih harus ditomboki dari uang pribadi Anda.

Saran saya, karena usaha Anda ini sifatnya waralaba, coba diskusikan dengan Pewaralaba (franchisor) Anda mengenai kondisi yang Anda alami saat ini. Jika Pewaralaba Anda memang bertanggung jawab, dia akan memberikan saran-saran dan solusi yang dianggap dapat menanggulangi keadaan ini. Terus terang saya sendiri heran jika sampai dua tahun Anda “berdarah-darah” menomboki biaya gaji pegawai dan Pewaralaba Anda tenang-tenang saja melihat kondisi ini.

Jangan lupa lho Pak, meskipun ini waralaba, namun Anda juga tetap harus aktif terlibat menjalankan bisnis Anda. Jangan menggantungkan 100% pada franchisor. Seringkali kurang maksimalnya suatu waralaba justru terjadi karena si pemilik bisnis kurang mengurusi bisnisnya (mungkin karena terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantornya). Apalagi jika si pemilik sebenarnya tidak memiliki kecintaan yang tinggi terhadap bidang usaha waralaba yang digelutinya, peluang kegagalannya akan lebih tinggi.

Jika memang nanti, franchisor tidak bisa memberikan solusi memuaskan maka ada dua pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Yang pertama jika Anda memang mencintai bidang laundry dan yakin Anda mampu mendedikasikan waktu dan kreativitas lebih banyak untuk usaha Anda, maka Anda bisa melanjutkan usaha ini sendiri tanpa melanjutkan waralaba dengan franchisor.

Hanya saja Anda harus perhatikan apakah ada konsekuensi hukum dalam perjanjian waralaba yang melarang Anda untuk berbisnis di bidang yang sama dalam kurun waktu tertentu. Jangan sampai Anda berurusan dengan hukum gara-gara lalai mencermati hal ini.

Dan yang kedua, jika Anda memang kurang punya “feel” terhadap bisnis ini, sebaiknya dihentikan saja dan saya sarankan Anda cari peluang bisnis lain yang dapat Anda tekuni dengan penuh kecintaan karena niscaya hasilnya akan jauh lebih memuaskan dan Anda bisa mengembangkan usaha tersebut.

Demikian Saya menanggapi permasalah yang Anda hadapi dalam menjalankan usaha laundry kiloan. Semoga yang saya sampaikan bermanfaat untuk Anda dan juga para pembaca lainnya. Sukes untuk Anda.

 

Oleh : Pietra Sarosa, MSM

Managing Director Sarosa Consulting Group

Indonesia Stock Exchange Building Tower II 17th F1 Jakarta 12190

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.