Photo Booth untuk Event Banyak Dicari Klien Besar

0
72
Foto Booth (dok penganten.com)

 

Tren penggunaan photo booth untuk event saat ini memang cukup marak. Hal ini dikarenakan banyak Event Organizer yang mencoba menarik perhatian klien dengan menawarkan jasa foto dengan tema tertentu secara gratis dan hasilnya bisa dibawa pulang oleh tamu undangan. Selain itu, untuk sebuah acara pernikahan, hasil dari foto tersebut bisa digunakan sebagai cinderamata atau suvenir yang unik untuk para tamu undangan.

Prospek cerah dengan keuntungan besar pun mampu mengikuti eksistensi dari usaha penyewaan photo booth untuk event ini, karena biasanya yang menggunakan jasa ini adalah klienklien besar, mengingat tarif yang ditawarkan oleh pelaku usaha terbilang tidak murah. Dan untuk ke depannya, usaha ini akan tetap eksis mengikuti banyaknya event yang diselenggarakan, namun dengan catatan, pelaku usaha harus bisa mengeksplor inovasi-inovasi baru melalui desain dan tampilan dari hasil foto tersebut.

Beberapa poin penting yang harus dimiliki pelaku usaha dalam menjalankan usaha ini, terletak pada skill. Usaha penyewaan photo booth untuk event ini bukan sekadar menyewakan tempat ataupun jasa saja, tetapi juga “menyewakan” skill dalam menghasilkan produk. Karena produk akhir yang dijual oleh pelaku usaha adalah foto, maka diperlukan kemampuan pengeditan dan fotografi, untuk menghasilkan produk yang bagus dan unik.

Selain menonjolkan kualitas produk, pelaku usaha juga harus mengedepankan pelayanan usaha, bukan hanya kepada klien saja, tetapi kepada tamu-tamu yang diundang oleh klien tersebut. Karena, jika ada komplain dari para tamu undangan tersebut, yang kemungkinan  sedikit berpengaruh kepada nama klien yang menggunakan jasa penyewaan photo booth dalam sebuah event, dan pastinya hal tersebut akan mempengaruhi loyalitas klien terhadap usaha jasa ini.

Dalam menyikapi persaingan dan eksistensi di dunia bisnis, sama seperti usaha-usaha lainnya, yakni pelaku usaha memang harus mengedepankan “pembaharuan” produk dan konsep, agar klien memiliki banyak pilihan dan tidak gampang bosan dengan konsep yang monoton.

Mengenai kendala dalam usaha ini, terbilang tidak terlalu banyak. Dengan skill yang baik dalam teknik fotografi dan pengolahan foto hingga desain, maka pelaku usaha sedikit demi sedikit mampu memenangkan pasar. Dan untuk bahan baku yang digunakannya pun tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan perlengkapan seperti komputer, printer, kamera, serta kertas foto. Jadi dapat dikatakan, usaha ini minim kendala dan permasalahan, tetapi mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar bagi pelaku usaha.

 

Oleh: Kafi Kurnia

Pengamat Bisnis dan Entrepreneurship

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.